Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Amazon Dan Tencent Akan Produksi Smartphone

Amazon.com Inc sepakat bergabung bersama Tencent Holdings Ltd dan Foxconn Technology Group untuk berinvestasi di Essential Products Inc dalam proyek pembuatan ponsel pintar.

Bisnis.com, JAKARTA—Amazon.com Inc sepakat bergabung bersama Tencent Holdings Ltd dan Foxconn Technology Group  untuk berinvestasi di Essential Products Inc dalam proyek pembuatan ponsel pintar.

Seperti diketahui, Essential Product Inc merupakan perusahaan startup yang didirikan oleh Andy Rubin. Sementara itu, Rubin sendiri merupakan salah satu pembuat sistem operasi Android. Dia selama hampir satu dekade membantu mengelola sistem operasi buatan Google tersebut.

Adapun, Tencent bersama Foxconn, Acces Technology Ventures dan Alexa Fund yang merupakan unit usaha Amazon secara total menanamkan dana US$300 juta ke Essential Product. Selain itu perusahaan yang terlibat pendanaan ke Essential Product adalah Redpoint Ventures, Altimeter Capital dan Vy Capital.

“Kami ingin masuk ke bidang elektronik terutama ponsel pintar yang saat ini semakin kompetitif,” kata Rubin, seperti dikutip dari Bloomberg, Kamis (10/8/2017).

Dua produk pertamanya yang akan dilempar ke pasar adalah produk smartphone kelas atas dan perangkat Amazon Echo. Suntikan modal baru yang mencapai US$330 juta tersebut ditargetkan untuk memenuhi kebutuhan produksi masal ponsel pintar tersebut.

Di sisi lain, berkat suntikan modal baru tersebut, nilai kapitalisasi Essential Products saat ini mencapai US$900 juta-US$1 miliar. Startup ini tercatat masih berumu jagung, karena dibentuk oleh Rubin pada 2014 sejak meninggalkan Google pada tahun yang sama.

“Kami sedang berusaha melakukan produksi masal dan berusaha memenuhi ekspektasi pasar yang besar terhadap produk kami,” kata Rubin.

Ponsel pintar buatan Essential ini diperkirakan akan menjadi pesaing kuat bagi sejumlah produk iPhone dan produk unggulan Samsung seperti Galaxy S8. Pasalnya, produk tersebut bakal mengadopsi teknologi pengisian daya menggunakan port USB-C.

Menurut situs resmi Essential, ponsel ini akan memiliki kamera 8 megapiksel di bagian depan dan sensor 13 megapiksel di bagian belakang. Sisi samping ponsel pintar tersebut akan terbuat dari titanium, yang menurut Rubin akan melindung ponsel dari goresan.

Sementara itu bagian belakang telepon akan terbuat dari keramik yang tersedia dalam warna hitam, abu-abu, putih, dan emas. Ponsel ini juga akan menjalankan sistem operasi Android.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper