Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gempa di Sichuan Tewaskan 19 Orang termasuk Wisatawan

Gempa berkekuatan 7 skala richter mengguncang sebelah barat daya Provinsi Sichuan. Gempa ini menewaskan sekitar 19 orang, termasuk delapan turis dan melukai sekitar 247 orang.
Ilustrasi/Reuters
Ilustrasi/Reuters

Kabar24.com JIUZHAIGOU – Gempa berkekuatan 7 skala richter mengguncang sebelah barat daya Provinsi Sichuan. Gempa ini menewaskan sekitar 19 orang, termasuk delapan turis dan melukai sekitar 247 orang.

Daerah tersebut merupakan daerah dengan penduduk yang jarang, yakni 200 kilometer barat laut dari Kota Guangyuan. Berdsarkan laporan dari ahli geologi Amerika Serikat, gempa berasal dari kedalaman 10 kilometer.

Daerah gempa itu juga cukup dekat dengan cagar alam Jiuzhaigou yang banyak dikunjungi para wisatawan.

Sichuan memang daerah yang sering dilanda gempa. Pada 2008, sekitar 70.000 orang meninggal akibat guncangan alam tersebut.

“Gempa susulan berkekuatan 6,6 skala richter melanda bagian terpencil wilayah Xinjiang,” ujar seorang petugas lembaga gempa China seperti dikutip Reuters, Rabu (9/8/2017).

Pemerintah Sichuan mengatakan tenaga bantuan akan segera mengevakuasi para wisatawan dan penduduk yang tengah terjebak akibat tanah longsor.

Sekitar 19 orang meninggal dunia dan selebihnya luka ringan. Sebanyak delapan orang korbn meninggal adalah wisatawan, dua orang penduduk, dan sembilan lainnya belum terkonfirmasi.

Sementara itu, di Provinsi Gansu tepatnya dekat Kota Longnan juga mengalami gempa. Sekitar delapan orang meninggal akibat tanah longsor dari hujan lebat.  

Pemerintah Sichuan menambahkan, sekitar 45.000 wisatawan telah dievakuasi dari zona gempa dan sekitar 1.000 lainnya masih menunggu untuk dievakuasi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nindya Aldila
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper