Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tatap Langit, Sekarang Gerhana Bulan!

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Aceh melakukan pemantauan terhadap peristiwa alam yakni gerhana bulan parsial atau sebagian.
Gerhana bulan/Antara-Nyoman Budhiana
Gerhana bulan/Antara-Nyoman Budhiana

Kabar24.com, BANDA ACEH - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Aceh melakukan pemantauan terhadap peristiwa alam yakni gerhana bulan parsial atau sebagian.

"Kami mengamati gerhana bulan dari kompleks perumahan BMKG," papar Kepala Stasiun Geofisika BMKG Mata Ie, Eridawati di Aceh Besar, pada Senin (7/8/2017).

Dia mengatakan kompleks perumahan instansi tersebut terletak di Simpang Japakeh, Desa Mata Ie, Kecamatan Darul Imarah, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh.

Pihaknya telah menugaskan lima orang petugas BMKG setempat, terutama ada pengaruh atau tidak dari gerhana bulan sebagian terhadap kejadian alam di wilayah Aceh.

Termasuk ada tidaknya fenomena gaya tarik yang terakumulasi pada satu titik, karena saat terjadi gerhana posisi bulan, dan bumi tegak lurus. "Kami cuma memantau dari satu titik saja, yakni di komplek BMKG."

Dia menyebutkan hingga pukul 21.00 WIB dilaporkan cuaca bersahabat karena cerah dengan angin bertiup sepoi-sepoi dan suhu udara normal di malam hari.

BMKG setempat memperkirakan fase gerhana bulan dimulai Senin (7/8/2017) pukul 22.48 WIB dan berakhir pada Selasa (8/8/2017) pukul 03.52 WIB.

"Selain petugas, bisa lebih ramai lagi karena bersama warga di kompleks perumahan. Kalau ada warga yang mau bergabung, silakan ya," ujar Eridawati.

Dalam keterangannya BMKG menjelaskan gerhana bulan akibat dinamisnya pergerakan posisi matahari, bumi, dan bulan ini.

Peristiwa ini cuma terjadi pada saat fase terjadinya bulan purnama yang dapat diprediksi tanggal kejadian sebelumnya.

Adapun gerhana matahari merupakan suatu peristiwa terhalang cahaya matahari oleh bulan, sehingga tidak semuanya sampai ke Bumi dan selalu terjadi saat fase bulan baru.

Tahun 2017 diprediksi empat kali gerhana yakni gerhana bulan penumbra pada Februari tahun ini dan telah terjadi, yang dapat diamati dari Indonesia bagian Barat.

Lalu gerhana matahari cincin pada 26 Februari 2017, dan telah terjadi yang tidak dapat diamati dari Indonesia.

Sedangkan yang akan terjadi gerhana bulan sebagian tanggal 7 sampai 8 Agustus tahun ini dan dapat diamati dari Indonesia.

Terakhir gerhana matahari total pada 21 Agustus 2017, dan tidak dapat diamati dari Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper