Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Desa di NTB Diminta Siapkan Literasi Data Digital

Ketersediaan data sangat dibutuhkan sebagai modal startegis di setiap lini pembangunan, termasuk pembangunan sektor terkecil di pemerintahan desa.
Ilustrasi/cdt.nd.edu
Ilustrasi/cdt.nd.edu

Kabar24.com, MATARAM -- Ketersediaan data sangat dibutuhkan sebagai modal startegis di setiap lini pembangunan, termasuk pembangunan sektor terkecil di pemerintahan desa.

Menyadari hal tersebut, Gubernur NTBTGH M. Zainul Majdi meminta kepada fasilitator desa agar segera menyusun literasi data desa guna ditayangkan di website desa agar mudah diakses.

“Buatlah website desa dan masukkan seluruh datanya, termasuk APBDes-nya agar semua masyarakat bisa mengaksesnya. Karena hal itu merupakan bagian dari akuntabilitas desa kepada masyarakat,” ujar Majdi di Mataram, Selasa (8/8/2017).

Majdi menekankan, selain pembangunan fisik, hal penting lainnya yang perlu mendapat perhatian adalah ketersediaan data spasial tentang kondisi faktual desa. Data itu harus mudah diakses sehingga pembangunan desa dapat lebih terarah dan dapat dikawal oleh seluruh masyarakat desa.

Gubernur yang akrab disapa Tuan Guru Bajang ini juga sempat bertanya kepada sejumlah peserta dari Kabupaten Dompu, Bima dan Sumbawa tentang permasalahan utama yang dihadapi di masing-masing desanya. Fasilitator desa yang mendapat kesempatan untuk bertemu dengan orang nomor satu di NTB tersebut kemudian memanfaatkan kesempatan untuk menyampaikan sejumlah keluhan dan permasalahan yang dihadapi didesanya.

Salah satunya Fastabiqul Khoirat dari Dompu yang mengeluhkan kondisi jalan di desanya yang rusak parah. Mereka mohon kepada gubernur untuk memberi perhatian. Merespon keluhan keluhan itu, TGB berjanji akan segera menindaklanjutinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper