Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indonesia Aktor Utama Pencegahan Perubahan Iklim

Indonesia menjadi salah satu aktor utama dalam upaya pencegahan dampak perubahan iklim global yang sedang dikerjakan oleh seluruh dunia.
Ilustrasi perubahan iklim/Istimewa
Ilustrasi perubahan iklim/Istimewa

Bisnis.com, PEKANBARU — Indonesia menjadi salah satu aktor utama dalam upaya pencegahan dampak perubahan iklim global yang sedang dikerjakan oleh seluruh dunia.

Ma Hwan-ok, Project Manager International Tropical Timber Organization (ITTO), mengatakan Indonesia memiliki peran penting dalam upaya mencegah perubahan iklim. Untuk itu semua pihak harus mendukung Indonesia dalam menekan laju deforestasi.

“Indonesia merupakan aktor penting dalam perubahan iklim dan upaya utnuk menekan laju defoestasi,” katanya, Selasa (8/8/2017).

Saat ini ITTO bekerja sama dengan Asia Pulp and Paper (APP) Sinar Mas melakukan penanaman pohon Meranti untuk membantu restorasi dan perlindungan hutan alam di Lanskap Kerumutan, Riau.

Menurutnya, masyarakat dunia memerlukan upaya berkelanjutan untuk merestorasi lahan yang terdegradadi di Sumatra. Penanaman kembali pohon di lahan yang terdegradasi merupakan salah satu langkah terbaik untuk merestorasi hutan.

Akira Miyaki, Profesor Kehormatan Yokohama National University, mengatakan konservasi hutan harus dilakukan dengan menanam bibit spesies asli di daerah tersebut, sehingga sesuai dengan vegetasi lahannya.

“Dengan menanam spesies asli di daerah masing-masing kami dapat menciptakan lingkungan hidup yang berkelanjutan,” ujarnya.

Sementara itu Tan Ui Sian, Chairman APP Jepang, mengatakan sejak 2014 APP Sinar Mas telah melakukan penanaman pohon untuk membantu perlindungan dan restorasi hutan alam di Sumatra, serta Kalimantan.

Pihaknya pun memilih Meranti untuk ditanam, karena menjadi salah satu spesies asli dari Sumatra, dan secra alami tumbuh di rawa gambut dangkal. Pemilihan Meranti juga memberikan keuntungan ekologis dalam pemulihan ekosistem di Sumatra.

Selain itu, Meranti relatif lebih tahan api dan memiliki ketahanan hidup cukup baik di area gambut yang terdegradasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lili Sunardi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper