Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PAN : Terkait Kasus Viktor, Langkah Hukum Itu Pancasilais

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan mengatakan bahwa langkah yang diambil partainya melaporkan Viktor Laiskodat merupakan langkah yang Pancasialis.
 Victor Bungtilu Laiskodat/Antara
Victor Bungtilu Laiskodat/Antara

Kabar24.com,  JAKARTA--Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan mengatakan bahwa langkah yang diambil partainya melaporkan Viktor Laiskodat merupakan langkah yang Pancasialis.

"Itu kan langkah yang Pancasialis, tidak main hakim sendiri tidak berkomentar yang bermacam-macam, ya kita melalui jalur hukum yang bagus," katanya,” Minggu (6/8).

Sebelumnya Ketua Fraksi Partai NasDem DPR. Viktor Laiskodat menyebutkan ada empat partai pendukung penerapan sistem Khilafah di Indonesia termasuk PAN.

Pidato Viktor yang viral melalui media sosial itu sontak menimbulkan reaksi beragam dari tokoh parpol maupun masyarakat.

Terkait hal itu Zulkifli meminta kepada semua pihak untuk berhati-hati dalam berkomentar terutama menyangkut soal agama.

"Saya minta kepada tokoh-tokoh elite siapa saja hati-hati kalau berkomentar soal Islam kalau tidak paham. Kalau tidak memahami Islam sebaiknya tidak mengomentari Islam nanti menjadi fitnah, nanti menimbulkan keresahan karena tidak paham," ujar Zulkifli.

Dia juga berharap permasalahan Viktor bisa diselesaikan ‘secara adat’.

Sementara itu, Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), Ma'ruf Amin meminta Viktor mengklarifikasi maksud dari isi pidatonya di Nusa Tenggara Timur beberapa waktu lalu.

"Ya harus diklarifikasi Pak Viktornya itu maksudnya apa. Kemudian tanggapan pihak-pihak yang merasa tidak senang, seperti apa. Menurut saya ya harus diklarifikasi saja," ujar Ma'ruf.

Dia juga berharap umat Islam tidak terprovokasi terhadap pernyataan Viktor dalam pidatonya.

Beberapa pihak juga diharapkan tidak membawa umat Muslim dalam permasalahan tersebut dan tidak terprovokasi.

"Jangan terprovokasi ya. Umat jangan dibawa, kalau dibawa ke umat itu jadi masalah besar itu. Kalau mau diproses, proses saja," kata Ma'ruf.

Ma'ruf meminta persoalan pidato Viktor diproses oleh penegak hukum tanpa membawa-bawa umat muslim, apalagi saat ini banyak pihak sedang membangun situasi yang lebih kondusif di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper