Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jamkrindo Jateng-DIY Incar Penjaminan Rp15 Triliun

Kantor Wilayah V Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) menargetkan dapat membukukan penjaminan Rp15 triliun hingga akhir 2017.
Ilustrasi aktivitas di salah satu kantor/JIBI
Ilustrasi aktivitas di salah satu kantor/JIBI

Kabar24.com, SEMARANG - Kantor Wilayah V Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) menargetkan dapat membukukan penjaminan Rp15 triliun hingga akhir 2017.

Kepala Kanwil V Jamkrindo Sugeng menuturkan untuk merealisasikan target ini pihaknya menggarap dua program utama yakni Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang merupakan program pemerintah serta penjaminan untuk kredit komersil atau non-KUR.

Saat ini, jika digabung dengan program KUR, outstanding kredit yang dijamin pihaknya mencapai lebih dari Rp9 triliun lebih. “Target kami prosi KUR dan non-KUR 50:50,” kata Sugeng di Semarang npada Kamis (3/8/2017).

Sugeng menambahkan untuk  Kanwil V yang meliputi wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), pihaknya telah memberikan penjaminan KUR sebesar Rp4,8 triliun hingga Juli 2017. Dengan dukungan mitra perbankan yang saat ini bekerja sama dengan perusahaan, dia optimistis target ini dapat direalisasikan.

“Realisasi penjaminan pada 2014 kami capai 125% dari target, 2015-2016 juga 125% di atas target, tahun ini kami harapkan juga dapat direalisasikan di atas 100%,” katanya. 

Dia mengatakan selain KUR, pihaknya juga mengembangkan bisnis penjaminan komersil atau non-KUR. Untuk penjaminan ini, jenis kredit yang mendominasi meliputi penjaminan pinjaman mikro, penjaminan untuk konstruksi, sektor rill hingga produk multiguna. “Untuk multiguna ini mencapai 20% [dari penjaminan Kanwil V].”

Sugeng mengemukakan pula bahwa untuk memperluas wilayah pemasaran, (Kanwil V Perum Jamkrindo menargetkan membuka tambahan kantor unit pembantu (KUP).

Menurut dia, Yogyakarta mengatakan KUP itu ditargetkan dibuka sebelum akhir 2017. Sedangkan wilayah yang disasar Tegal atau Pekalongan.

Selain untuk memperluas area pemasaran, tambahan KUP itu juga dapat mendukung kemudahan mitra dalam mencairkan klaim. Sugeng mengatakan saat ini Kanwil V melingkupi tujuh kantor cabang dan dua KUP. "Produksi terbesar di Semarang yakni 30% dari target.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper