Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KOMPETISI DUNIA MATEMATIKA: Separuh Pelajar RI Raih Medali

Separuh pelajar Indonesia yang mengikuti kompetisi internasional matematika di India meraih medali.
Ilustrasi/google-stpaul
Ilustrasi/google-stpaul

Bisnis.com, JAKARTA – Separuh pelajar Indonesia yang mengikuti kompetisi internasional matematika di India meraih medali.

Berdasarkan informasi dari laman resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, sebanyak 6 dari 12 siswa yang telah dikirim mengikuti India International Mathematics Competition (InIMC) jenjang sekolah dasar (SD) di Lucknow, India menyabet medali, termasuk emas.

Para pelajar yang terdiri atas para peraih medali pada ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) ini berhasil merebut satu medali emas, tiga medali perak, dua medali perunggu, dan empat penghargaan Merit. 

“Ini lebih baik dibandingkan dengan penyelenggaraan tahun sebelumnya di Thailand yang mendapatkan dua medali perunggu. Rasa bangga dan apresiasi patut diberikan kepada para peraih juara,” ujar Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Hamid Muhammad, seperti dikutip pada Rabu (2/8/2017).

Adapun, peraih medali emas yakni Jeanice Eliana Setyono (SDK 6 Penabur, Jakarta Utara). Tiga orang peraih medali perak a.l. Hendy Sutono (SD Sutomo 1 Medan Sumatera Utara), Darren Darwis Tanuwijaya (SDK 6 Penabur Jakarta Utara), dan Galih Nur Rizky (SDS Islam Al Azhar 10 Serang, Banten).

Selanjutnya, peraih medali perunggu yakni Maulana Satya Adigama (SD Muhammadiyah Sapen I Yogyakarta) dan Reynard Suhada (SDK 6 Penabur, Jakarta Utara).

Empat peserta peraih penghargaan Merit, yakni Alifa Batrisya Nariswari SD Muhammadiyah Sapen I, Kota Yogyakarta), David Shane Goh (SDK Penabur XI Jakarta Barat), Nisrina Fathiyya Nugraha (SDIT Nurul Fikri Kota Depok, Jawa Barat), dan Gregory Edward Suryawan dari (SDK Tunas Daud Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat).

Adapun pada kategori team contest, 12 pelajar yang terbagi menjadi tiga tim ini mendapatkan dua peringkat, first runner up untuk tim B dan second runner up untuk tim A. Tim C secara otomatis tidak mendapatkan peringkat.

InIMC 2017 diikuti oleh 26 negara, terdiri dari 72 tim untuk jenjang Sekolah Dasar (SD), dengan jenis tes yang diujikan dalam kompetisi ini terdiri dari kontes Individual dan kontes secara tim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper