Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PENDAFTARAN CPNS 2017 : CAT, Tes CPNS Berbasis Komputer

Mulai hari ini, Selasa (1/8/2017), pemerintah membuka pendaftaran online Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk Mahkamah Agung (MA) dan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) yang dapat diakses melalui sscn.bkn.go.id.
Peserta seleksi CPNS, mengikuti computer assisted test (CAT)./depok.go.id
Peserta seleksi CPNS, mengikuti computer assisted test (CAT)./depok.go.id

Kabar24.com, JAKARTA -- Mulai hari ini, Selasa (1/8/2017), pemerintah membuka pendaftaran online Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk Mahkamah Agung (MA) dan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) yang dapat diakses melalui sscn.bkn.go.id.

SIMAK : Tips Lolos Seleksi CPNS 2017, Begini Model Soal Tes Kompetensi Dasar CAT CPNS

Seperti pada penerimaan CPNS tahun sebelumnya, pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menggelar seleksi penerimaan CPNS menggunakan atau berbasis komputer, computer assisted test (CAT), seperti dikutip dari laman www.menpan.go.id.

Metode ini mulai dilaksanakan pada seleksi penerimaan CPNS pada tahun 2013. Metode ini secara bertahap dilaksanakan secara nasional, baik dalam perekrutan PNS tingkat nasional maupun daerah.

Ada beberapa keuntungan yang diperoleh dari penerapan sistem CAT ini. Pertama, akan tercipta transparansi, karena hasil ujian dapat diketahui oleh peserta secara real time, sehingga tidak akan terjadi manipulasi.

Sistem CAT juga diterapkan tetangga, seperti Singapura, Australia. Sistem ini sangat efisien, baik dari segi waktu maupun biaya. Sebab, hasil bisa langsung diketahui, dan tidak memerlukan biaya untuk cetak soal ujian, pengawas, kemudian pengolahan hasil dan sebagainya.

Kedua, dengan sistem CAT ini juga menciptakan efisiensi yang sangat besar, dibanding sistem tes dengan menggunakan lembar jawab komputer (LJK). Selain itu, banyak lagi kelebihan sistem CAT ini, dan diharapkan bisa menjaring putera-puteri terbaik bangsa untuk menjadi CPNS.

Tetapi, untuk dapat ikut CAT, pelamar harus lolos seleksi administrasi, seperti pendaftaran online, serta melengkapi seluruh persyaratan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nancy Junita
Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper