Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

150 SMA se-DKI Belajar Sains di LOral Science Fair 2017

LOral Indonesia menyelenggarakan LOral Science Fair #TernyataSainsKeren. Menghadirkan 150 SMA dari seluruh wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.
Loreal Indonesia/
Loreal Indonesia/

Bisnis.com, JAKARTA- L’Oréal Indonesia menyelenggarakan L’Oréal Science Fair #TernyataSainsKeren. Menghadirkan 150 SMA dari seluruh wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.

Acara ini sekaligus menjadi puncak kompetisi tahunan L’Oréal Girls in Science 2017. 

B.J. Habibie, ilmuwan dan Presiden Keempat Republik Indonesia melalui pesan video yang diputar pada saat pembukaan acara menyampaikan Sains dan penelitian merupakan fondasi penting suatu bangsa. Dengan sains, sebuah peradaban dapat maju dan menjadi lebih baik. Kita tidak butuh banyak ilmuwan.

"Yang kita butuhkan adalah ilmuwan sejati. Ilmuwan sejati adalah ilmuwan yang tidak hanya mengejar ilmu tetapi juga melakukan penerapan dari hasil temuan atau pembelajaran dia untuk menjawab permasalahan yang ada.” ujarnya.

Umesh Phadke, Presiden Direktur L’Oreal Indonesia menyampaikan dalam sambutannya selama lebih dari 38 tahun mengembangkan industri kecantikan di Indonesia

"L’Oréal menaruh komitmen dan kepedulian penuh pada pentingnya regenerasi. Kami percaya bahwa edukasi adalah instrumen penting untuk terus melahirkan generasi penerus bangsa yang lebih baik. Edukasi seharusnya tidak dibatasi dinding kelas karena edukasi bisa dilakukan di mana saja termasuk di luar kelas," ujarnya

150 SMA se-DKI  Belajar Sains di  LOral Science Fair 2017

L’Oréal Science Fair adalah wujud nyata komitmen berkesinambungan L’Oréal untuk memberikan pengalaman belajar sains yang berbeda dan menarik.”

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Prof. Dr. Muhadjir Effendi, Drs., M. Apdalam kata sambutannya yang diwakili oleh Arif Rahman menyampaikan Ilmu pengetahuan dan masa depan pendidikan dihadapkan pada tantangan pembangunan global berkelanjutan yang sangat krusial, seperti ketimpangan pembangunan, kemiskinan, kesehatan, krisis energi dan kerusakan lingkungan.

Tantangan ini dapat dijawab melalui pendidikan sains.

“Kami sungguh menyambut baik usaha dari seluruh pihak untuk meningkatkan kepekaan generasi muda dalam menemukan solusi dimulai dari permasalahan di sekitar mereka. Acara ini sekaligus menjadi ajang unjuk gigi ilmuwan muda dari Indonesia serta membuka mata generasi muda akan beragam profesi yang ditawarkan sains. Harapannya, lebih banyak lagi generasi muda yang terinspirasi untuk menekuni bidang penelitian.”

Rangkaian acara L’Oréal Science Fair #TernyataSainsKeren menghadirkan profil inspiratif di bidang sains, pameran eksperimen sains dan anekaworkshop untuk siswa dan guru. Acara ini sekaligus menjadi puncak dari kompetisi tahunan L’Oréal Girls in Science (LGIS) 2017 yang tahun ini mengangkat tema “Community Impact”.

 

 

Para peserta diajak untuk menemukan solusi dari permasalahan di sekitar mereka sehingga dapat memberikan dampak nyata bagi masyarakat. Tahun ini LGIS menerima lebih dari 50 proposal yang kemudian disaring menjadi 8 finalis yang berkesempatan memamerkan karya mereka di L’Oréal Science Fair.

“Sesuai slogan #TernyataSainsKeren, acara ini bertujuan untuk menginspirasi anak-anak agar ikut berpartisipasi dan belajar mengenai sains dalam lingkungan yang menyenangkan yang tidak dibatasi oleh teori semata namun dapat mempraktekannya secara langsung. Ini sungguh sebuah kebanggaan di mana kami bisa melihat dan bertemu langsung dengan bibit-bibit ilmuwan muda yang terbuka pikirannya akan permasalahan-permasalahan yang ada di masyarakat serta mencoba memecahkannya dengan sains.

Contohnya menemukan obat demam berdarah dari ketela atau bahkan menciptakan tempat sampah pintar yang dapat mengidentifikasi jenis sampah yang dibuang. Kami berharap acara ini dapat menjadi inspirasi untuk masa depan para siswa dan siswi yang hadir agar dapat memilih sains sebagai pilihan karir mereka,” tutup Umesh.

“Program ini memiliki target menjangkau generasi muda bukan saja di kota Jakarta, namun juga di seluruh Indonesia. Ini salah satu alasan L’Oréal Indonesia menghadirkan akun Instagram @TernyataSainsKeren sebagai media untuk terus mensosialisasikan kekuatan sains yang dapat mengubah dunia.   @TernyataSainsKeren akan mengangkat profil inspiratif, fakta unik dan informasi sains lainnya sehingga diharapkan dapat menjadi sumber inspirasi yang akan membuka wawasan masyarakat sehingga lebih mengapreasiasi pentingnya sains,” ungkap Melanie Masriel, Head of Communications L’Oréal Indonesia.

“Kami ingin berterimakasih kepada partner-partnerkami yang telah membantu untuk menyukseskan L’Oréal Science Fair 2017, antara lain Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO (KNIU), Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Mattel, Gadis dan tentunya seluruh SMA se-DKI Jakarta, tutup Melanie.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper