Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pusat Pengembangan PAUD Asean Akan Berdiri di Jabar

Pemerintah membangun pusat pengembangan pendidikan anak usia dini dan pendidikan keluarga untuk regional Asia Tenggara.
Ilustrasi Paud/www.kejarpaket.com
Ilustrasi Paud/www.kejarpaket.com

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah membangun pusat pengembangan pendidikan anak usia dini dan pendidikan keluarga untuk regional Asia Tenggara.

Mendikbud Muhadjir Effendy mengatakan inisiatif pendirian Southeast Asian Ministers of Education Regional Centre for Early Childhood Care and Education and Parenting (SEAMEO CECCEP) dikarenakan memahami fungsi keluarga atau orangtua sebagai pendidik yang utama bagi anak usia dini.

“Keluarga akan kita beri ruang yang cukup untuk proses pembelajaran. Pendidikan kepada orangtua juga akan menjadi program pemerintah,” ujarnya, seperti dikutip dari laman resmi Kemendikbud, Rabu (26/7/2017).

SEAMEO CECCEP berlokasi di salah satu unit pelaksana teknis atau UPT Kemendikbud di Jawa Barat, yaitu Pusat Pengembangan PAUD dan Pendidikan Masyarakat di Jayagiri, Lembang, Jawa Barat.

Pembangunan pusat pengembangan pendidikan ini bertujuan untuk mendukung program nasional serta melaksanakan implementasi prioritas pertama dalam SEAMEO Seven Priority Areas, yakni mencapai pendidikan universal bagi anak usia dini.

SEAMEO CECCEP merupakan regional centre ke-7 yang dimiliki SEAMEO di Indonesia. Enam lainnya yang sudah ada lebih dahulu a.l. SEAMEO QITEP in Language, SEAMEO QITEP in Mathematics, SEAMEO QITEP in Science, SEAMEO REFCON (food and nutrition), dan SEAMEO SEAMOLEC (open learning centre).

Adapun, peresmian pendirian SEAMEO CECCEP dilakukan di sela-sela penyelenggaraan Konferensi Tingkat Menteri Pendidikan Asia Tenggara ke-49 melalui penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA), di Jakarta.

Semua negara sepakat untuk membangun SEAMEO CECCEP dengan misi meningkatkan komitmen regional dan global untuk perbaikan kualitas PAUD dan pendidikan keluarga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper