Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KOMPETISI DUNIA MATEMATIKA: 12 Siswa SD Bertanding Hari Ini di India

Sebanyak 12 siswa sekolah dasar asal Indonesia mulai hari ini mengikuti kompetisi internasional matematika di India.
Ilustrasi/google-stpaul
Ilustrasi/google-stpaul

Bisnis.com, JAKARTA – Sebanyak 12 siswa sekolah dasar asal Indonesia mulai hari ini mengikuti kompetisi internasional matematika di India.

Berdasarkan informasi dari laman resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, sebanyak 12 siswa telah dikirim mengikuti India International Mathematics Competition (InIMC) jenjang sekolah dasar (SD) di Lucknow, India, 25-31 Juli 2017.

“InIMC 2017 merupakan ajang matematika internasional yang diikuti oleh 41 negara untuk mereka saling berkompetisi,” ujar Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah, Hamid Muhammad, seperti dikutip pada Selasa (25/7/2017).

Menurutnya, matematika merupakan mata pelajaran dasar untuk semua mata pelajaran. Oleh karena itulah, pihaknya meminta agar para siswa bertekad untuk mendapatkan medali emas dalam kompetisi tersebut.

Dalam International Physics Olympiad (IPhO) di Yogyakarta pekan lalu, sambungnya, Indonesia mengirim 5 siswa dan mereka berhasil menyabet dua emas serta tiga perak. Dia meminta agar para siswa tersebut tidak minder dengan peserta dari negara lainnya.

"Yang penting, mental anak-anak sekalian harus kuat, jangan minder dengan peserta dari negara lain," ujarnya.

Direktur Pembinaan Sekolah Dasar Kemendikbud, Wowon Widaryat mengatakan tim ini terdiri dari 12 siswa, 3 orang pembina matematika dari Univeritas Negeri Jakarta (UNJ) dan 3 orang pendamping dari Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar.

Menurut Wowon, siswa siswi yang terpilih sebagai tim InIMC berasal dari anak-anak pemenang Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2016 dan anak-anak yang memiliki potensi di bidang Matematika.

"Tim ini telah mendapat pembinaan selama dua tahap. Tahap I dilaksanakan pada15-21 Juni di Jakarta dan tahap II 19-24 Juli di Jakarta," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper