Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemerintah Bahas Al-Aqsa dengan Amerika

Pemerintah Indonesia meminta Amerika Serikat mendesak Israel untuk menghentikan pembatasan beribadah dan tindakan kekerasan di Masjid Al-Aqsa.
Masjid Al-Agsha/Reuters
Masjid Al-Agsha/Reuters

Kabar24.com, JAKARTA - Pemerintah Indonesia meminta Amerika Serikat mendesak Israel untuk menghentikan pembatasan beribadah dan tindakan kekerasan di Masjid Al-Aqsa.

Dikutip dari situs resmi Kementerian Luar Negeri, Minggu (23/7/2017), Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyatakan hal tersebut kepada Menlu AS Rex Tillerson melalui pembicaraan per telepon pada Sabtu (22/7/2017).

"Indonesia sangat khawatir dengan semakin memburuknya situasi di kompleks Masjid Al-Aqsa," kata Retno.

Tindak kekerasan oleh pihak keamanan Israel dalam beberapa waktu terakhir tidak saja telah mengakibatkan tiga korban meninggal dan lebih dari seratus korban luka-luka, namun telah meningkatkan ketegangan dan sangat membatasi kegiatan beribadah di Masjid Al-Aqsa.

Indonesia yang mengutuk meninggalnya tiga orang pemuda Palestina, menegaskan pentingnya agar segera diambil langkah agar eskalasi kekerasan dan ketegangan dapat dihentikan.

"Penurunan eskalasi penting sekali dilakukan untuk mencegah situasi semakin memburuk," ujar Retno.

Dalam pembicaraan telepon, Tillerson menyampaikan kepada Retno kekhawatiran yang sama terhadap situasi di Kompleks Masjid Al-Aqsa. Menlu AS tersebut menyampaikan telah lakukan pembicaraan dengan Yordania, Palestina, dan Israel.

AS sepakat dengan Indonesia mengenai pentingnya mencegah meningkatnya eskalasi di Kompleks Masjid Al-Aqsa. Tillerson juga menegaskan agar status quo terkait status kompleks Masjid Al-Aqsa juga penting untuk tetap dipelihara.

Selain dengan Menlu AS, Menlu RI telah juga telah lakukan komunikasi intensif dengan Menlu Yordania, Palestina, Turki, dan Sekjen OKI agar situasi di Kompleks Al Aqsa tidak memburuk dan kegiatan beribadah dapat segera dipulihkan.

Intensitas diplomasi Indonesia juga ditingkatkan di beberapa perwakilan, antara lain di Baku, Amman, Washington DC dan New York guna mengirim pesan yang kuat dan menyampaikan posisi Indonesia mengenai situasi di Kompleks Masjid Al-Aqsa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper