Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mukernas PPP Dibuka, Konflik Kepemimpinan Ganda Berakhir

Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhammad Romahurmuziy (Romi) mengatakan Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) II menjadi akhir dari konflik yang luar biasa di tubuh partai itu setelah lebih dari dua tahun memiliki kepemimpinan kembar.
Ketua Umum DPP PPP Muhammad Romahurmuziy (kiri)/Antara
Ketua Umum DPP PPP Muhammad Romahurmuziy (kiri)/Antara

Kabar24.com, JAKARTA — Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhammad Romahurmuziy (Romi) mengatakan Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) II menjadi akhir dari konflik yang luar biasa di tubuh partai itu setelah lebih dari dua tahun memiliki kepemimpinan kembar.

Pernyataan itu disampaikan Romi saat membuka Mukernas II yang dihadiri oleh lebih dari 1.200 orang dari berbagai unsur seluruh Indonesia. Selain dihadiri anggota DPP PPP dan para anggora DPR serta pimpinan organisasi sayap, acara yang berlangsungd di kawasan Ancol, Jakarta Utara itu juga dihadiri para anggota DPRD seluruh Indonesia yang akan mengikuti bombingan teknis menjelang Pemilu 2019.

“Konflik di PPP benar benar sudah selesai secara sempurna,” ujarnya di depan para hadirin. Romi mengakui konflik yang terjadi dalam dua tahun sembilan bulan belakangan merupakan konflik terbesar dalam sejarah partai itu. Bahkan romi mengibaratkan konflik itu sebagai gelombang besar, bukan lagi sekedar riak-riak di lautan.

“Konflik ini belum pernah terjadi sebesar ini sejak 1973. Ada Muktamar kembar dan konflik selama dua tahun sembilan bulan,” ujarnya.

Kendati demikian Romi yakin berbagai konflik itu pada akhirnya akan bisa selesai dengan segala kemampuan para pemimpin di partai tersebut. Bahkan dalam pidatonya Romi menyebutkan optimismenya PPP akan bisa menjadi tiga besar pada Pemilu 2019.

“Saya yakin semua orang yg ada di ruangan ini adalah nakhoda yang teruji,” ujarnya, Rabu (19/7).

Sementara itu, Ketua Pelaksana Mukernas II PPP Iskandar Saichu mengatakan bahwa Mukernas kali ini juga menandai berakhirnya penguasaan kantor PPP oleh kubu Djan Faridz. Menurutnya, kini Kantor DPP PPP telah diamankan oleh pihak kepolisian setelah sebelumnya menjadi rebutan antara kubu Romi dan kubu Djan Faridz.

“Dalam beberapa hari kita akan bisa menempati kantor pusat setelah diamankan oleh polisi. Kuta akan menempatinya setelah Mukernas ini,” ujarnya.

Pada bagian lain dia mengatakan bahwa penyelenggarakan Mukernas II pada 19 hingga 21 Juli 2019 ini juga akan membahas persiapan Pemilu 2019 termasuk pengusungan Calon Presiden (Capres) dan Calon Wakil Presiden (Cawapres).

Sedangkan bimbingan teknis bagi para anggota DPRD pada Mukernas II akan dilaksanakan untuk meningaktkan kompetensi mereka dalam menghadapi pemilihan kepala daerah dan pemilihan anggota legislatif.

Mukernas II kali ini, ujarnya, akan ditutup oleh Presiden Jokowi dengan menghadirkan sejumlah menteri kabinet kerja sebagai pemateri yakni di antaranya, Sri mulyani (Menkeu), Lukman Hakim Saifuddin (Menag), dan Khofifah Indar Parawansa (Mensos)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper