Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PDB China Kuartal II/2017 Lampaui Perkiraan

Produk Domestik Bruto (PDB) China berhasil tumbuh 6,9% pada kuartal II/2017. Capaian ini lebih tinggi dari perkiraan pasar.
./.Bloomberg
./.Bloomberg

Bisnis.com, BEIJING—Produk Domestik Bruto (PDB) China berhasil tumbuh 6,9% pada kuartal II/2017. Capaian ini lebih tinggi dari perkiraan pasar.

Hal itu terungkap dalam laporan terbaru Biro Statistik Nasional China (NBS) pada Senin (17/7/2017). Adapun, PDB pada periode tersebut sama dengan kuartal I/2017 yang juga menembus 6,9%.

Sebelumnya, analis yang disurvei oleh Reuters memprediksi PDB April-Juni 2017 akan tumbuh 6,8% atau melambat dari periode sebelumnya. Perolehan ini diyakini akan membuat target pertumbuhan ekonomi yang ditetapkan pemerintah tahun ini tercapai.

Beijing menetapkan PDB tahun ini akan tumbuh di atas 6,5% atau lebih rendah dari perolehan tahun lalu yang mencapai 6,7% di mana tingkat tersebut menjadi yang terendah dalam 26 tahun terakhir.

“Permintaan luar negeri menjadi penopang yang paling kuat pertumbuhan periode ini. Namun PDB China tetap memiliki tantangan yang cukup besar dari kebijakan pengetatan moneter mereka,” kata Vaninder Singh, ekonom di NatWest Market, seperti dikutip dari Bloomberg, Senin (17/7/2017).

Sebelumnya, pertumbuhan ekonomi yang kuat pada kuartal I/2017 lalu  6,9% mendapat sokongan dari ingginya belanja infrastruktur dan kuatnya pasar properti. Kala itu NBS menyebutkan, pertumbuhan ekonmi kuartal I/2017 tersebut menjadi yang tertinggi sejak kuartal III/2015. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper