Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Diam-diam, Kim Jong-un Rekam Produk yang Dijual di Pasar

Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un diam-diam memantau sendiri kualitas dan pengepakan produk yang dijual di dalam negeri maupun yang diekspor.
Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un./Reuters
Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un./Reuters

Kabar24.com, JAKARTA -- Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un diam-diam memantau sendiri kualitas dan pengepakan produk yang dijual di dalam negeri maupun yang diekspor.

Kim melakukan pemantauan dengan cara membuat rekaman video secara rahasia produk-produk tersebut.

Terbongkarnya aktivitas rahasia Kim merekam produk-produk yang dijual di pasar saat Kim rapat dengan Komite Pusat Partai Pekerja Korea Utara pada 5 Juli 2017. Dia mendiskusikan rekaman video yang diambilnya di beberapa pasar.

"Rapat diawali dengan diskusi video Kim Jong-un di pasar Dongdaemun di Pyongyang, Stasiun Pyongsong, dan Pasar Kangso di kota Nampo," kata seorang sumber yang berasal dari provinsi Hamgyong Utara, dekat perbatasan Cina kepada Radio Free Asia, 14 Juli 2017.

Kim, seperti dijelaskan beberapa sumber, mewajibkan kualitas maupun pengepakan produk yang dijual di dalam negeri harus sama dengan yang diekspor.

Seorang sumber dari Provinsi Yanggang membenarkan kebiasan Kim memantau area publik untuk memastikan kualitas produk merujuk pada instrumen dan diproduksi oleh pabrik-pabrik yang menghormati para tentaranya dan tempat bekerja yang bersinar.

Menurut Kim, dia meneruskan kebiasaan ayahnya, Kim Jong-il yang kerap memantau produk-produk yang dijual di pasar Songsin di Pyongyang dengan merekamnya lewat video.

Kim Jong-il bahkan membuat gerakan untuk menciptakan produk-produk lokal guna melengkapi produksi negara pada tanggal 3 Agustus 1980 dan kemudian dikenal sebagai 8.3 Consumer Goods.

Kim Jong-un kemudian meneruskan kebiasaan ayahnya memantau kualitas produk di pasar-pasar agar kualitasnya sama antara produk dalam negeri maupun luar negeri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper