Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Sanksi Kendaraan Naik Trotoar

Hari ini, Senin (17/7/2017) sebanyak 61 pengendara tercatat melakukan pelanggaran penyalahgunaan fungsi trotoar. Trotoar yang seharusnya dikhususkan bagi pejalan kaki juga digunakan oleh para pengendara.

Kabar24.com,JAKARTA- Hari ini, Senin (17/7/2017) sebanyak 61 pengendara tercatat melakukan pelanggaran penyalahgunaan fungsi trotoar. Trotoar yang seharusnya dikhususkan bagi pejalan kaki juga digunakan oleh para pengendara.

Menurut Kepala Sub Direktorat Penegakan Hukum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto, para pelanggar peraturan ini seharusnya dikenakan sanksi tilang sesuai peraturan yang berlaku.

Adapun sanksi atas pelanggaran mengendarai kendaraan di atas trotoar adalah hukuman penjara maksimal dua bulan atau maksimal denda sebanyak Rp500 ribu.

Bahkan selain sanksi tilang, menurutnya para pelanggar peraturan dengan mengendarai kendaraan di trotoar juga seharuanya dikenakan sanksi atas pelanggaran Peraturan Daerah.

"Selain sanksi tilang, seharusnya dari Satpol PP juga mengenakan pelanggaran atas Perda tentang ketertiban umum," katanya, Senin (17/7/2017).

Terlepas dari situasi jalanan yang kerap kali padat atau kondisi lainnya, dia menambahkan, mengendarai kendaraan di trotoar, untuk alasan apapun, tidak dibenarkan dan harus ditindak.

"Apa pun alasannya tetap harus ditindak. Pengendara juga harus memahami bahwa trotoar itu hanya boleh digunakan oleh pejalan kaki," katanya.

Berdasarkan data pelanggaran harian, pihak kepolisian menyita 24 STNK, 36 SIM, dan satu unit kendaraan sebagai bukti atas pelanggaran oleh 61 pengguna jalan pada Senin (17/7/2017) sejak pukul 14.00WIB-17.00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper