Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indonesia-Slovenia Sepakat Dialog Antar-agama Perlu Ditingkatkan

Duta Besar RI untuk Austria Dr. Darmansjah Djumala mengangkat isu seputar dialog antar-agama (interfaith dialogue) dan kaitannya dengan isu keamanan saat menyerahkan surat kepercayaan (letters of credentials) pada Presiden Republik Slovenia Y.M. Borut Pahor.
Duta Besar RI untuk Austria Dr. Darmansjah Djumala dan Presiden Republik Slovenia Y.M. Borut Pahor/Istimewa
Duta Besar RI untuk Austria Dr. Darmansjah Djumala dan Presiden Republik Slovenia Y.M. Borut Pahor/Istimewa

Kabar24.com, LJUBLJANA – Duta Besar RI untuk Austria Dr. Darmansjah Djumala mengangkat isu seputar dialog antar-agama (interfaith dialogue) dan kaitannya dengan isu keamanan saat menyerahkan surat kepercayaan (letters of credentials) pada Presiden Republik Slovenia Y.M. Borut Pahor.

Dubes Djumala menjelaskan pentingnya kerja sama Interfaith Dialogue sebagai salah satu upaya meningkatkan pemahaman antara dunia Barat dan Islam, termasuk dalam meredam potensi konflik (clash of civilization).

“Dengan penduduk Muslim terbesar di dunia, Indonesia memiliki kepentingan dalam menjaga keharmonisan hubungan dengan berbagai pemeluk kepercayaan di Indonesia, guna menjaga stabilitas politik dan keamanan. Pengalaman Indonesia dalam hal ini dapat menjadi inspirasi  bagi dunia,” ujarnya dalam siaran pers, Jumat (14/7/2017). Kedua pihak pun sepakat dialog antar agama perlu ditingkatkan.

Pada kesempatan tersebut, Dubes Djumala secara khusus juga menyampaikan salam hangat Presiden RI dan mengharapkan dukungan Presiden Slovenia untuk peningkatan hubungan bilateral kedua negara.

Presiden Slovenia membalas salam hangat kepada Presiden RI, seraya mengutarakan kekagumannya atas kemajuan pembangunan Indonesia, yang dibangun di atas fondasi demokrasi, kekayaan budaya dan kemajemukan masyarakat.

Djumala lebih lanjut menjelaskan kondisi perekonomian Indonesia yang kian berkembang dan menawarkan peluang investasi di bidang yang menjadi prioritas nasional terutama infrastruktur, energi, maritim dan pariwisata. Diharapkan dengan dukungan Presiden Borut Pahor, kerja sama di bidang-bidang tersebut dapat ditingkatkan.

Duta Besar RI untuk Austria Dr. Darmansjah Djumala menyerahkan Letter of Credentials (Surat Kepercayaan) kepada Presiden Repubik Slovenia, Y.M. Borut Pahor, di Istana Kepresidenan Slovenia, Rabu (12/7/2017). Hal tersebut sekaligus menandai dimulainya aktivitas Djumala sebagai Dubes LBBP RI untuk Republik Slovenia.

Slovenia sendiri merupakan negara rangkapan Dubes RI untuk Austria, yang berkedudukan di Wina. Selain menjabat sebagai Dubes LBBP untuk Austria dan Slovenia, Djumala juga merangkap sebagai Wakil Tetap RI untuk PBB dan organisasi internasional lainnya di Wina (IAEA, UNOV, UNIDO, CTBTO dan OPEC Fund). (k15)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper