Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

81 % Paspor Jemaah Haji Sudah Siap

Sebanyak 171.860 atau 81% paspor jemaah haji Indonesia kini sudah berada di Jakarta untuk proses visa. Sementara itu sebanyak 70.891 visa jemaah haji telah terbit.
Ibadah haji/Reuters-Ahmad Masood
Ibadah haji/Reuters-Ahmad Masood

Kabar24.com, JAKARTA -- Sebanyak 171.860 atau 81% paspor jemaah haji Indonesia kini sudah berada di Jakarta untuk proses visa. Sementara itu sebanyak 70.891 visa jemaah haji telah terbit.

“Jadi paspor tinggal sedikit saja. Pengurusan dokumen paspor gelombang pertama sudah selesai semua. Yang belum, kebanyakan pada daerah yang jemaahnya akan diberangkatkan pada gelombang kedua,” kata Plt Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Nur Syam pada Sosialisasi Peningkatan Pelayanan Jemaah Haji di Arab Saudi 1438H/2017M di Semarang, Jumat (14/07) seperti dikutip dari kemenag.go.id.

Nur Syam menambahkan, untuk visa yang terbit sampai hari ini sudah mencapai 70.891 atau 34%. Menurutnya proses visa relatif cepat mengingat baru dibuka sekitar lima hari.

“Visa yang sudah terbit sebanyak 70.891 itu dalam waktu sekitar lima hari. Sebab pembukaan layanan visa baru dimulai akhir pekan lalu,” tuturnya.

Oleh sebab itu, dia optimis jika proses penerbitan visa akan berjalan lancar. Sebab jika dihitung, maka nyaris setiap hari sekitar 10ribu visa yang bisa diselesaikan.

“Insya Allah tidak ada masalah,” harapnya.

Walaupun begitu Nur Syam mengingatkan jajarannya untuk terus bekerja optimal untuk memastikan keterlambatan visa pada musim dua tahun lalu tidak terulang.

Di tempat terpisah, Kepala Seksi Pemvisaan Haji Suryo Panilih mengatakan bahwa penyelesaian visa tahun ini cukup baik mengingat proses pengiriman pasport untuk permohonan visa ke KBSA baru berjalan sekitar satu minggu.

“Setiap hari kami mengirimkan paspor dan mengambil visa yang telah terbit di KBSA," tutur Suryo.

Kloter pertama jemaah haji Indonesia, dijadwalkan akan mulai diberangkat secara serentak dari 13 embarkasi pada 28 Juli 2017. Pemberangkatan jemaah dilakukan dalam dua gelombang. Gelombang pertama akan berlangsung dari 28 Juli – 11 Agustus 2017. Sedangkan gelombang kedua akan diberangkatkan dari 12 – 26 Agustus 2017.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dika Irawan

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper