Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PT PJB Gandeng UI Untuk Tingkatkan SDM

PT Pembangkitan Jawa–Bali mengadakan kerja sama dengan Universitas Indonesia dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) di bidang teknologi dan pengetahuan.
Universitas Indonesia/Antara
Universitas Indonesia/Antara

Bisnis.com, JAKARTA--PT Pembangkitan Jawa–Bali mengadakan kerja sama dengan Universitas Indonesia dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM)  di bidang teknologi dan pengetahuan. 

Nota kesepahaman (MoU) ditandatangani Kamis (6/7/2017) di Gedung Rektorat Universitas Indonesia Kampus Depok oleh Rektor Universitas Indonesia Muhammad Anis dan Direktur Utama PJB Iwan Agung Firstantara.

Iwan mengatakan perkembangan PJB tidak lepas dari peran serta perguruan tinggi.  “Ada sumbangsih perguruan tinggi dalam peningkatan kompetensi SDM, kajian, problem solving, penelitian serta pengembangan teknologi kami yang dilakukan. Kami telah menjalin kerja sama dengan universitas-universitas terkemuka di tanah air, termasuk dengan UI,” katanya dalam keterangan resmi, Kamis (6/7/2017).

Kerja sama tersebut meliputi  pendidikan dan pelatihan, penelitian, kajian pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta pendayagunaan kemampuan perekayasaan industri.

Kerja sama antara PJB dengan UI memiliki nilai strategis bagi peningkatan kompetensi SDM PJB di bidang teknologi.  Kedua pihak akan bekerja sama  dalam pelatihan dan pendidikan lebih lanjut untuk meningkatkan kualitas  SDM PJB di bidang teknologi.

Selain itu, UI juga akan memberikan pendampingan dalam kajian teknologi, konsultasi permasalahan teknik pembangkit, kajian proses pengadaan peralatan pembangkit, dan  kajian dalam penerapan teknologi yang berkaitan dengan efisiensi energi, teknologi gasifikasi, serta pembangkit energi baru terbarukan.

Penguasaan teknologi bagi PJB merupakan salah satu kebutuhan vital. Perguruan tinggi menjadi salah satu mitra dalam meningkatkan kompetensi SDM PJB di bidang teknologi.

Kerja sama antara PT PJB dengan Universitas Indonesia bukan baru kali ini saja dilakukan. Kerja sama dalam melakukan beberapa kajian juga telah dijalin dengan UI. 

Saat ini UI tengah melakukan kajian reklamasi Muara Karang dan reklamasi Muara Bekasi.  Selain itu juga tengah dilakukan kajian dan permodelan CFD untuk boiler FTP luar Jawa. Ke depan PJB akan menjajaki kerja sama dalam pengembangan pembangkit listrik biomassa dan pengembangan PLTU Merah Putih Nasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper