Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jumlah Mahasiswa Indonesia di Selandia Baru Meningkat 43%

Jumlah mahasiswa Indonesia yang mengambil kuliah ke universitas di Selandia Baru terus meningkat. Peningkatan ini juga seiring dengan meningkatnya QS World University Rankings di Selandia Baru.
Ilustrasi/Antara-Yus
Ilustrasi/Antara-Yus

Bisnis.com, JAKARTA - Jumlah mahasiswa Indonesia yang mengambil kuliah di universitas di Selandia Baru terus meningkat, seiring dengan meningkatnya QS World University Rankings di negara tersebut.

Education New Zealand (ENZ) menyambut baik hasil 2018 QS World University Rankings yang mengungkapkan bahwa delapan universitas negeri di negara tersebut berada di 3% teratas di seluruh dunia.

Data terbaru dari ENZ mengungkapkan bahwa jumlah visa mahasiswa ke Selandia Baru pada April 2017 meningkat 43% dibandingkan pada 2016. Pertumbuhan ini terutama untuk sektor pendidikan tersier, dengan peningkatan lebih dari setengah aplikasi visa mahasiswa universitas.

Lima dari delapan universitas di Selandia Baru memperbaiki peringkat mereka, dan University of Auckland diperingkat sebagai universitas terkemuka Selandia Baru yang menempati urutan ke-82 di seluruh dunia.

QS Rankings menilai 3.800 lembaga Pendidikan di seluruh dunia dan memeringkat 916 teratas. Selandia Baru adalah satu-satunya negara di dunia yang memiliki semua universitasnya di peringkat 450 teratas.

Perbaikan terbesar berasal dari University of Waikato, yang naik sebanyak 32 peringkat untuk menduduki posisi ke-292. Universitas Massey dan Lincoln masing-masing naik 24 peringkat ke posisi 316 dan 319. University of Otago (151) dan Victoria University of Wellington (219) juga memperoleh keuntungan yang signifikan dalam peringkat mereka.

Sementara itu, University of Canterbury dan Auckland University of Technology (AUT) masing-masing mempertahankan posisi mereka pada urutan ke-214 dan braket 441-450.

Sistem universitas di Selandia Baru, baru-baru ini juga menjadi peringkat ke tujuh terbaik di dunia dalam tabel liga tahunan University 21, di mana negara-negara diurutkan berdasarkan faktor-faktor seperti pengeluaran pemerintah, penelitian, dan independensi universitas untuk menjalankan urusan mereka sendiri.

Direktur Regional Selatan, Asia Tenggara & Timur Tengah Education New Zealand, John Laxon mengatakan, peringkat universitas merupakan faktor kunci bagi calon-calon mahasiswa Indonesia.

“Memiliki semua universitas yang masuk dalam 450 besar merupakan sesuatu yang tidak dicapai oleh negara lain, dan ini benar-benar memperkuat posisi Selandia Baru sebagai tujuan pendidikan kelas dunia. Universitas-universitas Selandia Baru telah memperkuat kedudukan internasional mereka dengan memberi pengalaman belajar yang positif dan peluang karier global kepada para siswa,” kata Laxon dalam keterangan tertulis yang diterima Bisnis,Kamis (6/7).

Lebih lanjut dia menambahkan bahwa siswa internasional merupakan bagian penting dari lanskap pendidikan tersier di Selandia Baru. Data terakhir menunjukkan bahwa pada 2016, ada lebih dari 27.640 mahasiswa internasional yang belajar di salah satu dari delapan universitas negara itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ramdha Mawaddha
Editor : Fajar Sidik

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper