Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menyusuri Sisi Selatan Jawa

Setelah menyusuri sisi utara Jawa dari Jakarta menuju Banyuwangi, Tim Bisnis Indonesia Liputan Lebaran Jelajah Jawa-Bali memulai perjalanan menjelajah sisi jalur selatan Pulau Jawa.
Tim Bisnis Indonesia Liputan Lebaran: Jelajah JawaBali (LL-JJB) 2017 berpose bersama menjelang keberangkatan, di Wisma Bisnis Indonesia,  Jakarta, Selasa (20/6)./JIBI-Endang Muchtar
Tim Bisnis Indonesia Liputan Lebaran: Jelajah JawaBali (LL-JJB) 2017 berpose bersama menjelang keberangkatan, di Wisma Bisnis Indonesia, Jakarta, Selasa (20/6)./JIBI-Endang Muchtar

Bisnis.com, PACITAN - Setelah menyusuri sisi utara Jawa dari Jakarta menuju Banyuwangi, Tim Bisnis Indonesia Liputan Lebaran Jelajah Jawa-Bali memulai perjalanan menjelajah sisi jalur selatan Pulau Jawa.

Tim Bisnis Indonesia Liputan Lebaran Jelajah Jawa-Bali (LLJJB) memulai perjalanan dari Banyuwangi tepatnya Pelabuhan Ketapang pada Selasa (27/6/2017) pagi.

Perjalanan tim dari Banyuwangi menuju Jember melintasi Gunung Gumitir selama 2,5 jam. Dari Jember, tim lalu melanjutkan ke Lumajang selama 3 jam dengan kondisi arus lintas yang padat.

Dari Lumajang, melintasi selatan Gunung Semeru hingga Kepanjen selama 3 jam. Arus lalu lintas dari Lumajang hingga Kepanjen ini sedikit padat karena banyaknya wisatawan yang dari atau menuju Malang.

Menyusuri sisi selatan Gunung Semeru memang dibutuhkan keahlian khusus untuk menyetir. Pasalnya, kontur jalan yang sempit yakni hanya 5 meter untuk dua jalur, berkelok dan tikungan yang tajam dengan satu sisi terdapat jurang. Diimbau bagi para pengendara yang ingin melintasi wilayah ini untuk tidak di malam hari karena minim penerangan.

Dari Kepanjen tim lalu melanjutkan ke Blitar selama 3,5 jam dengan kondisi arus lintas padat merayap. Kepadatan terjadi karena banyak mobil berpelat luar kota yang pulang dari tempat wisata.

Tim lalu melanjutkan perjalanan dari Blitar menuju Trenggalek selama 2 jam dengan kondisi arus lalu lintas yang lenggang. Dari Trenggalek, tim lalu melanjutkan menuju Pacitan 3,5 jam dengan kondisi ramai.

Dari Blitar hingga Pacitan, kontur jalan berliku dengan tanjakan yang tinggi. Namun, lebar jalan di jalur ini tak seperti dari Lumajang hingga Kepanjen.

Jalan di sepanjang Blitar hingga Pacitan standar hingga 7 meter. Pengemudi diimbau berhati-hati karena banyak titik longsor di sisi selatan Pulau Jawa dan minim penerangan.

Rerata kecepatan tim dalam menyusuri sisi utara Jawa yakni 70 hingga 100 kilometer per jam.

Perjalanan terbilang singkat itu ditempuh dengan catatan tidak menghitung waktu istirahat alias nonstop. Selain itu, jalan akses dalam kondisi ramai lancar.

Tim peliput: Agne Yasa, David Eka Issetiabudi, Feri Kristianto, dan Yanita Petriella

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Tim Jelajah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper