Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Universitas di Selandia Baru Bantah Dukung Kelompok Separatis Papua

Salah satu universitas di Selandia Baru Victoria University of Wellington (VUW) menegaskan tidak pernah mendukung setiap aksi kampanye yang dilakukan oleh kelompok separatis Papua.
Bendera Selandia Baru/Istimewa
Bendera Selandia Baru/Istimewa

Bisnis.com, WELLINGTON — Salah satu universitas di Selandia Baru Victoria University of Wellington (VUW) menegaskan tidak pernah mendukung setiap aksi kampanye yang dilakukan oleh kelompok separatis Papua.

Hal itu disampaikan oleh Duta Besar Republik Indonesia untuk Selandia Baru Tantowi Yahya usai bertemu dengan Grant Guilford, Vice Chancellor VUW pada Rabu (21/6/2017). Pernyataan resmi VUW tersebut dikeluarkan setelah universitas tersebut digunakan untuk menyelenggarakan public event oleh juru bicara United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) Benny Wenda pada Mei silam.

"Papua telah menjadi bagian dari Indonesia sejak zaman penjajahan Belanda dan separatis Free Papua Benny Wenda, adalah buronan yang sebenarnya tidak berhak berbicara atas nama masyarakat Papua," ujar Tantowi Yahya, dalam keterangan resminya, Senin (26/6/2017).

Tantowi menegaskan tujuan kegiatan tersebut semata-mata untuk kampanye separatisme. Benny Wenda dituding Tantowi banyak menyampaikan kebohongan mengenai situasi sebenarnya di Papua dalam sejumlah kampanye internasionalnya.

Sementara itu, Guilford menyatakan kampus VUW tidak mendukung gerakan separatisme Papua. Dia mensinyalir hanya ada satu atau dua orang dari VUW atas nama pribadi yang bersimpati kepada gerakan tersebut.

Rektor Victoria University, lanjut Guilford, menekankan tidak ada dukungan kampus VUW secara kelembagaan kepada gerakan seperatis Papua.

Meskipun demikian, menurutnya, sesuai Undang-undang Pendidikan Selandia Baru, kampus tidak bisa melarang kebebasan civitas akademika universitas dalam menyampaikan pendapatnya. 

Sementara itu, dalam pertemuannya dengan Guilford, Tantowi juga menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada VUW yang telah membeuka mata pelajaran gamelan di New Zealand  School of Music (NZSM), sejak 1970-an. Adapun sampai saat ini pengajaran gamelan tersebut masuk kurikulum New Zealand  School of Music (NZSM).

Victoria University of Wellington merupakan salah satu dari 8 universitas negeri Selandia Baru yang semakin giat menjajaki kerjasama pendidikan dengan lembaga-lembaga pendidikan tinggi di Indonesia. Saat ini VUW telah memiliki kerjasama dengan UI, UGM, Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), dan Polri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper