Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Malam Takbiran, Stasiun Senen Masih Dipadati Pemudik

Sehari menjelang Hari Raya Idul Fitri atau saat malam takbiran, Sabtu (24/6/2017), Stasiun Pasar Senen Jakarta masih dipadati oleh para pemudik.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA -- Sehari menjelang Hari Raya Idul Fitri atau saat malam takbiran, Sabtu (24/6/2017), Stasiun Pasar Senen Jakarta masih dipadati oleh para pemudik.

Berdasarkan pantauan Bisnis.com, hingga pukul 18.30 WIB, area luar stasiun masih dipenuhi para calon penumpang yang tengah menunggu kedatangan kereta yang akan menuju ke kampung halaman mereka masing-masing.

Banyak calon penumpang yang duduk lesehan beralaskan kardus bahkan ada beberapa yang terlihat tiduran di area sekitar pintu masuk stasiun.

Para penumpang yang menunggu juga nampak meluber hingga area pejalan kaki di depan kios-kios makanan. Rata-rata mereka membawa bawaan yang cukup banyak, berupa koper atau tas besar maupun kardus berukuran besar.

Menumpuknya calon penumpang di area luar stasiun disebabkan PT Kereta Api Indonesia (KAI) menerapkan pembagian zona bagi penumpang yang hendak masuk stasiun.

Senior Manager Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) 1 Suprapto mengatakan untuk mengantisipasi penumpukan penumpang di dalam stasiun pihaknya membagi zona keberangkatan menjadi 3 zona.

Zona 3 untuk area umum diperuntukkan bagi penumpang dan pengantar. Baru setelah 2 jam menjelang kedatangan kereta, calon penumpang diarahkan ke zona 2. Kemudian 15 menit sebelum keberangkatan kereta, penumpang diarahkan ke zona 1, yaitu area sepanjang jalur pemberangkatan kereta.

"Jadi tertib. Nggak berjubel, nggak acak-acakan, nggak rancu," ujar Suprapto.

Suprapto menuturkan pada H-1 menjelang lebaran jumlah penumpang dari Stasiun Pasar Senen mencapai 26.820 penumpang. Lonjakan penumpang terjadi sejak 15 Juni 2017 atau H-10 lebaran. Data terakhir menunjukkan jumlah penumpang di Stasiun Pasar Senen dari H-10 lebaran hingga sekarang mencapai 261.454 atau meningkat 12% dari tahun lalu yang mencapai 233.938.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper