Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penembak Italia Chandara Gunakan Senjata Rakitan. Pelaku Belum Bisa "Diambil"

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M. Iriawan memastikan bahwa senjata yang digunakan dalam peristiwa percobaan perampokan di Karawaci, Tangerang merupakan senjata rakitan.
Ilustrasi/JIBI-Nurul Hidayat
Ilustrasi/JIBI-Nurul Hidayat

Kabar24.com, JAKARTA - Kapolda Metro Jaya Irjen Pol M. Iriawan memastikan bahwa senjata yang digunakan dalam peristiwa percobaan perampokan di Karawaci, Tangerang merupakan senjata rakitan.

Iriawan mengatakan, kebanyakan pelaku perampokan memang menggunakan senjata rakitan. Selain karena pembuatan yang tidak rumit, senjata ini lebih kompatibel dengan berbagai jenis peluru.

"Rakitan ya, dari alurnya rakitan. Karena gampang ya buat senjata [rakitan], justru itu yang terus-terusan. Kalau pabrikan kami operasi," kata Iriawan di sela-sela tinjauan ke Stasiun Gambir, Jumat (23/6/2017).

Lebih lanjut Iriawan mengatakan, senjata rakitan yang kompatibel dengan banyak jenis peluru ini memang lebih cocok digunakan untuk menembak dalam jarak dekat.

Pasalnya, alurnya yang tidak pas membuat peluru yang dilontarkan kurang akurat mencapai sasaran jika digunakan dalam jarak jauh.

Iriawan menceritakan, dalam operasi Sapu Jagat yang dilakukan sebelum Lebaran, pihaknya berhasil mengamankan 24 pucuk senjata.

Kendati telah mengetahui jenis senjata yang digunakan, pihaknya baru berhasil mengantongi identitas para pelaku dan masih terus melakukan pengejaran.

"Belum [tertangkap]. Kita sudah dapat [identitas] pelakunya, cuman kami sedang mau ambil, karena berpindah-pindah kan... Dia kan pintar itu, matikan alat perangkat komunikasi dan sebagainya," tambah Iriawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper