Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pendaki Puncak Cartenz Asal India Dievakuasi

Tiga pendaki asal India dan Bangladesh terpaksa dievakuasi saat mendaki puncak Cartenz ke Timika, akibat satu-satunya pendaki perempuan dilaporkan sakit akibat cuaca yang ekstrem.
Menuju Puncak Carstensz di Papua/Antara
Menuju Puncak Carstensz di Papua/Antara

Kabar24.com, JAKARTA - Tiga pendaki asal India dan Bangladesh terpaksa dievakuasi saat mendaki puncak Cartenz ke Timika, akibat satu-satunya pendaki perempuan dilaporkan sakit akibat cuaca yang ekstrem.

Kapolres Mimika AKBP Viktor Makbon kepada ANTARA, Rabu mengakui, evakuasi terhadap tiga pendaki sudah dilakukan Senin (19/6) lalu langsung ke Timika dengan menggunakan helikopter .

"Evakuasi terpaksa dilakukan karena salah satu pendaki yakni Nandita Nagangudar yang berkebangsaan India sakit serta kehabisan bahan makanan," kata AKBP Makkbon seraya menambahkan dari laporan yang diterima ketiga pendaki itu memakai jasa travel PT.Manguni Maleosan Indonesia Manado Adventure yang berpusat di Manado.

Adapun jalur pendakian menuju Puncak Cartensz dilakukan melalui jalur Nabire-Sugapa-Desa Suanggama-Dibasiga Camp-Puncak Cartensz .

Ketiga pendaki yang dievakuasi masing masing Musa Ibrahim (38 th) berkebangsaan Bangladesh, Satyarup Siddhanta (34 th) berkebangsaan India dan Nandita Nagangoudar (32 th) asal India, serta seorang pendamping bernama Lauren Jantje Kowaas (38 th).

"Saat ini ketiga pendaki masih berada di Timika," kata Kapolres Mimika AKBP Viktor Makbon.

Sementara itu Kepala Imigrasi Timika Samuel Enock secara terpisah mengatakan, tidak ada masalah keimigrasian dan ketiga pendaki itu akan kembali ke negaranya Kamis (22/6) melalui Denpasar.

Terhambatnya kepulangan mereka karena pihak operator helikopter sempat menahan paspor sebagai jaminan namun kini sudah diselesaikan sehingga ketiganya akan kembali ke negaranya, kata Kepala Imigrasi Timika Samuel Enock.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper