Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Telkom Perkuat Jaringan di Jateng dan DIY

PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. memperkuat infrastruktur jaringan guna mengantisipasi lonjakan trafik di sejumlah titik strategis arus mudik Hari Raya Idulfitri 1438 Hijriyah.
BTS/Antara-Zabur Karuru
BTS/Antara-Zabur Karuru

Bisnis.com, SEMARANG—PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. memperkuat infrastruktur jaringan guna mengantisipasi lonjakan trafik di sejumlah titik strategis arus mudik Hari Raya Idulfitri 1438 Hijriyah.

Yaaro Hulu, Deputi Infrastruktur Telkom Regional IV Jawa Tengah (Jateng) dan DI Yogyakarta (DIY), mengatakan sejumlah titik strategis yang difokuskan perusahaan pelat merah itu antara lain jalan tol fungsional Brebes-Batang (Gringsing) dan Bawen-Salatiga.

Telkom menyiapkan 20 based transceiver station (BTS) compact mobile base station (combat) serta 7 combat istimewa (comis) di titik-titik strategis itu.

Sebagai informasi, combat merupakan tower BTS sementara menara telekomunikasi, berfungsi untuk menanggulangi masalah trafik komunikasi di jalur padat. Selain itu, combat digunakan juga untuk menunggu tower permanen siap beroperasi.

“Kalo comis ukurannya kecil, bisa ditaruh di dalam ruangan serta fleksibel,” ujarnya dalam acara buka puasa bersama, Senin (19/6/2017).

Menurutnya, Telkom akan terus memantau pergerakan trafik selular mulai dari Brebes hingga perbatasan antara Jateng dengan Jawa Timur.

Jika di suatu titik mengalami lonjakan, pihaknya akan menambah BTS comis. “Tim kami siap siaga 24 jam untuk memantau situasi di lapangan,” tuturnya.

Dia mengatakan sebagian dari ruas tol baru yang dibuka tersebut sebenarnya masih dalam pembangunan, maka infrastruktur telekomunikasi pun juga belum secara khusus disiapkan di sepanjang jalan tol baru tersebut.

Diprediksi akan banyak pemudik yang memanfaatkan jalan-jalan baru tersebut yang berarti akan ada kebutuhan atas ketersediaan layanan telekomunikasi dan data.

“Karena itu, kami pun menyiapkan perangkat penunjang yang juga masih bersifat darurat, selain juga memperkuat jangkauan dari BTS-BTS yang ada di jalan tol baru,” tegasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Herdiyan
Editor : Fajar Sidik

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper