Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mengintip Rumah Terkecil di Dunia!

Di wilayah pusat kota keberadaan rumah dengan ukuran kecil saat ini bisa dijadikan solusi untuk mengatasi permasalahan keterbatasan lahan, fenomena ini ternyata tidak hanya terjadi di Indonesia, ternyata juga terjadi di berbagai dunia.
Rumah rancangan Van Bo Le-Mentzal/Istimewa
Rumah rancangan Van Bo Le-Mentzal/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Di wilayah pusat kota keberadaan rumah dengan ukuran kecil saat ini bisa dijadikan solusi untuk mengatasi permasalahan keterbatasan lahan, fenomena ini ternyata tidak hanya terjadi di Indonesia, ternyata juga terjadi di berbagai dunia.

Kali ini portal global properti Lamudi akan merangkum beberapa rumah kecil yang berada di seluruh dunia, berikut kilasannya:

1. Rumah 11,52 m2 di Colorado  

Di Colorado seorang pria bernama Christopher Smith telah berhasil membangun sebuah rumah dengan ukuran hanya 11,52 m2. Menariknya, kendati kecil, rumah tersebut memiliki sebuah dapur kecil, tempat tidur rak buku dan tempat penyimpanan. Karena uniknya rumah tersebut, tak heran sang pemilik rumah membuat sebuah film yang mendokumentasikan kehidupan mereka dengan judul “A Story About Living Small.”

2. Rumah 7,3 meter persegi di Jerman

Seorang arsitek asal Italia bernama Renzo Piano mendesain sebuah rumah kecil yang diberinama “Diogene”, rumah ini memiliki luas hanya 7,3 m2 didalamnya terdapat sebuah ruang keluarga minimalis, ruang keluarga, shower dan tempat tidur. menariknya rumah ini memiliki tenologi tenaga surya yang dapat memasok energy dari cahaya matahari.

3. Rumah Sebesar 6,9 m2 di Roma

Marco Pierazzi adalah seorang arsitek dari Italia, ia berhasil membangun rumah dengan ukuran 6.9 m2 di gang sempit di Roma, Italia. Rumah ini disebut-sebut sebagai hunian terkecil di Italia, kendari demikian rumah ini ternyata memiliki desain interior yang sangat menarik, penataannya dibuat sangat minimalis dan fungsional.   

4. Rumah Terkecil di Cina di atas Sebuah Sepeda Beroda Tiga

Di Cina ada sebuah kelompok desain interior bernama Beijing People’s Architecture yang berhasil membangun sebuah rumah minimalis di atas sepeda roda tiga. Rumah tersebut memiliki luas 3 m2 saja, sebenarnya rumah ini sama seperti rumah pada mobil caravan. Di dalamnya terdapat kamar mandi, kamar tidur dan dapur, perabotan rumah ini pun dibuat dengan multi fungsi.

5. Rumah dengan 1,02 m2 di Jerman

Di Berlin, Jerman ada seorang arsitek bernama Van Bo Le-Mentzal dia membangun sebuah rumah sangat kecil dengan ukuran hanya 1,02 m2. Di dalam rumah tersebut hanya terdapat sebuah kursi, jendela dan pintu. Kendati demikian rumah ini bisa digunakan untuk tidur pada malam hari, cukup dengan mengganti posisi rumah, sturkturnya dapat berubah menjadi tempat tidur.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper