Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Forum Dialog Antarnegara Penghasil Mineral Akan Digelar Akhir 2017

Forum dialog antar negara-negara penghasil mineral terutama untuk mineral bauksit rencananya akan digelar pada akhir tahun ini, sebagai bagian dari kerja sama antar negara-negara Asia-Afrika.

JAKARTA – Forum dialog antar negara-negara penghasil mineral terutama untuk mineral bauksit rencananya akan digelar pada akhir tahun ini, sebagai bagian dari kerja sama antar negara-negara Asia-Afrika.

Adapun Jakarta akan menjadi tuan rumah dalam acara tersebut. Sebelumnya pada Rabu (14/6/2017), Menteri Negara Investasi dan Kerjasama Pemerintah dan Swasta Republik Guinea Ibrahima Kassory Fofana berkunjung kepada Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Indonesia Luhut Binsar Panjaitan untuk membicarakan kerja sama kedua negara di bidang pertambangan.

Chairman Asia Africa Business Alliance Didie Soewondho yang mendampingi pertemuan tersebut mengungkapkan dalam pertemuan itu juga dibicarakan soal peningkatan kerja sama antara negara negara Asia Afrika dalam semangat Asia-Afrika.

Peningkatan kerja sama tersebut dilakukan melalui rencana pembentukan Intergovernment Forum Dialog antar negara-negara kaya mineral terutama bauksit pada akhir tahun ini. Forum dialog itu akan membahas pertukaran informasi tentang kebijakan pertambangan, produksi dan ekspor, pengelolaan ramah lingkungan , infrastruktur serta kerjasama perdagangan dan investasi.

“Sudah saatnya negara-negara kaya mineral Asia Afrika bergabung, meningkatkan nilai tambah di dalam negeri melalui pembangunan smelter seperti yang telah dikerjakan Indonesia melalui kebijakan yang diputuskan oleh Presiden Joko Widodo,” katanya, di Jakarta, Kamis (15/6/2017).

Menurutnya, dalam pertemuan itu Luhut menyambut baik dan mendukung rencana pembentukan Forum Dialog tersebut karena akan menjadi sangat penting bagi kemajuan negara-negara Asia Afrika.

Luhut mengungkapkan pendidikan harus menjadi perhatian karena akan menentukan kemajuan bangsa. Indonesia, lanjutnya, bersedia membantu negara negara Asia Afrika lain untuk mencapai tujuan tersebut sesuai dengan semangat Asia Afrika.

Fofana dalam pertemuan itu mendukung rencana pembentukan Forum Dialog tersebut dan akan berpartisipasi secara aktif, serta mengundang terutama negara  negara Afrika lain untuk turut serta.

“Dia [Fofana] terkesan dengan pandangan dan  ajakan Menko Kemaritiman sangat inspiratif,” ujarnya.

Adapun, Republic Guinea adalah negara kaya mineral seperti bauksit, emas, dan biji besi. Sebanyak 30% cadangan bauksit dunia terdapat di Guinea. Negara tersebut berkeinginan untuk bekerjasama dengan Indonesia yang pengelolaan pertambangan dan industrinya telah berjalan dan terintegrasi dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lukas Hendra TM
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper