Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tangsel Club Lelang 22 Lukisan untuk Bantu Warga Baduy

Bazar Raya Tangsel akan melelang 22 lukisan karya seniman dari Perhimpunan Pelukis Tangerang Selatan untuk membantu 365 jiwa warga Baduy Luar, Leuwidamar, Lebak Banter yang rumahnya terbakar.
Sejumlah lukisan karya seniman dari Perhimpunan Pelukis Tangsel, Minggu (5/6/2017)./Istimewa Selatan untu
Sejumlah lukisan karya seniman dari Perhimpunan Pelukis Tangsel, Minggu (5/6/2017)./Istimewa Selatan untu

Bisnis.com, TANGSEL-Bazar Raya Tangsel akan melelang 22 lukisan karya seniman dari Perhimpunan Pelukis Tangerang Selatan untuk membantu 365 jiwa warga Baduy Luar, Leuwidamar, Lebak Banter yang rumahnya terbakar.

Warga Baduy Luar yang terdiri dari 105 kepala keluarga penghuni 84 rumah adat di Kampung Cisaban RT 02 RW 06, Desa Kanekes, Leuwidamar, Lebak, yang hangus terbakar pada 23 Mei 2017 malam itu terpakasa mengungsi ke kampung-kampung di sekitaranya.  

Uten Sutendy, Presiden Tangsel Club, mengatakan lelang amal 22 lukisan itu dilaksanakan dalam rangkaian acara Bazar Raya Tangsel bertema Berkah Cinta Ramadhan di Akademi Bambu Nusantara, Serpong Tangsel pada 5 Juni 2017.

“Kami menggalang dana untuk membantu warga Baduy yang rumahnya terbakar habis, berkut sekitar 200 leuit (lumbung padi), antara lain melalui lelang amal lukisan yang akan dilaksankan besok sore (Senin, 5/6/2017),” katanya, Minggu (4/6/2017).

Menurutnya, rumah milik warga Baduy Luar di Kampung Cisaban itu seluruhnya terbakar habis dan kini warganya mengungsi ke wilayah sekitarnya yang termasuk Baduy Luar hingga ada pihak yang membantu membangun kembali kampungnya.

Dia menjelaskan kampung Cisaban, tempat tinggal warga Baduy, berada sekitar 20 kilometer dari pintu masuk kawasan Baduy di Ciboleger. Cisaban, yang  bisa ditempuh dari arah Muncang, di kecamatan lain karena lokasinya berbatasan dengan Kecamatan Sobang, Lebak.

Suku Baduy merupakan suku adat yang menempati kurang lebih 5.136,8 hektar lahan hak ulayat di pegunungan daerah Lebak. Rumah suku adat itu berbentuk sederhana dari kayu dan berdindingkan bambu serta beratap rumbia.

Dia menjelaskan dari hasil lelang amal sebanyak 22 lukisan karya seniman dari Perhimpunan Pelukis Tangsel itu nanti sebesar 50% akan diserahkan untuk warga Baduy dan anak-anak penderita autis.

Dia menjelaskan selama berlangsung Bazar Raya Tangsel-Berkah Cinta Ramadhan yang dibuka resmi Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany pada 24 Mei 2017 juga diisi dengan santunan kepada anak yatim dan warga kurang mampu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nurudin Abdullah
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper