Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ingin Umroh, Perhatikan 5 Hal Berikut

Memasuki bulan Ramadhan, kaum muslim yang memiliki rezeki berlebih biasanya mengagendakan untuk berangkat ke Tanah Suci demi menjalankan ibadah umroh. Periode menjelang Iedul Fitri biasanya menjadi waktu favorit untuk menjalankan ibadah tersebut.
Ilustrasi/Reuters-Ahmad Masood
Ilustrasi/Reuters-Ahmad Masood

Kabar24.com, JAKARTA—Memasuki bulan Ramadhan, kaum muslim yang memiliki rezeki berlebih biasanya mengagendakan untuk berangkat ke Tanah Suci demi menjalankan ibadah umroh. Periode menjelang Iedul Fitri biasanya menjadi waktu favorit untuk menjalankan ibadah tersebut.

Saat ini banyak biro perjalanan yang menawarkan paket umroh dengan berbagai harga dan layanan. Biaya minimum biasanya dipatok Rp18 juta hingga Rp22 juta. Harga ini bisa meningkat tajam terutama di masa-masa Iedul Fitri karena tingginya pasokan.

Dengan banyaknya biro perjalanan yang menawarkan paket ibadah umroh, masyarakat seringkali dibuat kebingungan dan cenderung memilih tawaran yang harganya murah meriah. Padahal, tidak semua biro perjalanan benar-benar memberikan pelayanan seperti yang dtawarkan. Tidak sedikit kasus jamaah umroh yang mendapatkan layanan tidak sesuai atau bahkan batal berangkat.

Lantas, apa yang harus diperhatikan agar ibadah umroh berlajan sesuai yang direncanakan? Kabid Humas Kementerian Agama Rosidin Karidi memberikan tips ‘5 Pasti Umroh’ yang harus diperhatikan calon jamaah:

  1. Pastikan biro perjalanan yang dipilih memiliki izin. Untuk melihatnya bisa mengunjungi website Kementerian Agama atau mengunduh aplikasi ‘Umroh Cerdas’ di Playstore.
  2. Ketahui dengan pasti jadwal keberangkatnya
  3. Pastikan maskapai dan tiker perjalanannya.
  4. Pastikan layanan akomodasinya. “Jangan sampai jamaah umroh enggak tahu hotelnya di mana.,” ujarnya kepada Bisnis, Jumat (2/6).
  5. Perhatikan visa-nya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper