Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Saat Ramadan BBPOM Imbau Teliti Beli Kebutuhan Pokok

Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan mengimbau masyarakat tak tergiur potongan harga bahan pokok yang ditawarkan saat Ramadan, dan lebih teliti dalam memilih kualitas makanan
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Kabar24.com, SEMARANG—Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan mengimbau masyarakat tak tergiur potongan harga bahan pokok yang ditawarkan saat Ramadan, dan lebih teliti dalam memilih kualitas makanan. 

Kepala Bidang Pemeriksaan dan Penyidikan Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Semarang Zeta Rina mengatakan saat Ramadan banyak stok makanan dan minuman yang dikeluarkan pedagang dengan kondisi beragam, mulai dari yang baik, kemasan rusak, hingga kedaluwarsa.

Untuk itu, dia mengingatkan agar masyarakat lebih teliti membeli. Caranya, dengan memerhatikan KLIK, yakni kemasan, label, izin edar, dan kedaluwarsa. Keutuhan kemasan mutlak dilakukan. 

Jangan membeli produk yang penyok, berkarat, atau bekas gigitan tikus. Biasakan membaca label pada kemasan, apakah ada bahan yang menyebabkan alergi atau memicu gangguan kesehatan.

Izin edar yang tercantum pada kemasan sebaiknya juga dicek. Keberadaan izin edar sangat diperlukan sebagai jaminan kualitas produk yang dipasarkan. Izin edar yang dikeluarkan oleh BPOM, seperti MD untuk makanan dalam negeri, dan ML untuk makanan impor, bisa dicek melalui aplikasi Cek BPOM yang bisa diunduh dari playstore

Saat ini Kementerian Kesehatan pun tengah melakukan pendataan terhadap makanan produksi rumah tangga, sehingga nantinya masyarakat bisa mengecek izin edar PIRT yang dikeluarkan Dinas Kesehatan.

“Kalau produk ada izinnya, bisa ditelusuri siapa yang membuat. Masyarakat pun sekarang bisa mengecek izin edar yang dikeluarkan dari BPOM. Tidak kalah pentingnya, perhatikan expired date pada setiap kemasan makanan. Jangan membeli produk yang kedaluwarsa,” ujarnya, dikutip dari laman resmi Pemprov Jateng, Senin (29/5).

Diakuinya, BBPOM sudah rutin melakukan pengecekan peredaran barang, baik di pasar swalayan, toko, maupun di pasar tradisional, hasilnya tetap masih dijumpai produk yang kedaluwarsa dan dengan kemasan rusak. Para pelaku usaha pun sudah diundang, dan kembali diingatkan agar terus mengawasi produk yang mereka pasarkan. 

Tidak hanya itu, BBPOM juga melakukan pendekatan kepada masyarakat agar menjadi konsumen cerdas. Mereka diharapkan bisa memilih produk yang dibeli dengan baik, tidak hanya murah tapi juga sehat dan aman.

“Ramadan ini kami akan fokus untuk mengawasi makanan takjil. Khususnya makanan yang menggunakan bahan berbahaya, seperti pewarna tekstil, borax, dan sebagainya,” katanya.

Wakil Kepala Perum Bulog Divre Jateng M Rizal Mulyawan Latif menambahkan perilaku konsumen yang cenderung suka memborong produk saat turun harga tanpa memperhatikan kualitasnya, mesti diubah. Tidak hanya berbahaya bagi kesehatan, aksi borong produk juga dapat memengaruhi stabilitas harga.

“Perilaku konsumen seperti itu bisa berakibat pada fluktuasi harga. Itu juga yang dimanfaatkan para spekulan untuk mencari keuntungan sesaat,” ucapnya.

Melihat kondisi tersebut, Rizal mengimbau agar masyarakat tidak melakukan aksi borong produk. Beli produk yang benar-benar dibutuhkan, jangan takut stok pangan kurang. 

Sebab, saat ini saja ketersediaan beras di Bulog mencapai 270 ribu ton, atau setara dengan kebutuhan tujuh bulan mendatang.

Untuk menghindari aksi penimbunan barang yang dilakukan spekulan, pemerintah sudah menerjunkan Satgas Mafia Pangan. Masyarakat yang mencurigai adanya penimbunan barang pangan untuk keuntungan pribadi, diminta melaporkan kepada pemerintah melalui kanal-kanal yang tersedia. 

Tentunya, disertai data pendukung, mulai dari foto kegiatan, lokasi, dan identitas pelapor. Sebab, pemerintah hanya merespons laporan dari orang yang identitasnya jelas. Dan pemerintah menjamin keamanan identitas pelapor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper