Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

OTT KPK: Dua Auditor BPK dan Irjen Kemendes, Kini Diperiksa

Pejabat Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi yang ditangkap dalam operasi tangkap tangan (OTT) KPK adalah Irjen Sugito dan Menteri Eko Putro Sandjojo menyerahkannya kepada proses hukum.
Menteri Desa, Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sanjoyo. /kemendes
Menteri Desa, Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sanjoyo. /kemendes

Bisnis.com, JAKARTA - Pejabat Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi yang ditangkap dalam operasi tangkap tangan (OTT) KPK diduga adalah Irjen Sugito dan Menteri Eko Putro Sandjojo menyerahkannya kepada proses hukum.

"Mudah-mudahan cuma diminta jadi saksi. Proses hukum sedang dijalankan KPK. Kita hormati," ujarnya di Jakarta, Sabtu (27/5/2017).  Diduga Sugito ikut ditangkap bersama dua auditor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan 4 orang lainnya.

Menteri  Eko Putro Sandjojo mengatakan pihaknya masih menunggu keterangan resmi dari Komisi Pemberantasan Korupsi terkait Operasi Tangkap Tangan (OTT) KPK yang juga melibatkan pejabat di kementerian itu.

"Informasinya masih simpang siur. Saya menunggu keterangan resmi dari KPK untuk menghormati proses hukum yang sedang berjalan di KPK," ujar Mendes.

Sebelumnya, Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan oleh KPK terhadap dua orang auditor dan seorang staf dari Badan Pemeriksa Keuangan dan pihak lain dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi terkait dengan status Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) kementerian tersebut.

"Iya sekitar itu, tapi lebih jelasnya tunggu besok ya," kata Wakil Ketua KPK Laode M Syarif saat dikonfirmasi di Jakarta, Jumat (26/5/2017).

Sekjen BPK Hendar Ristriawan sebelumnya mengatakan bahwa ada dua orang auditor dan seorang staf yang dibawa KPK pada pukul 17.08 WIB.

"Pukul 17.08 WIB, 2 orang auditor BPK dibawa KPK dan 1 staf dibawa ke KPK. Sampai jam ini saya masih menunggu. Penjelasan lebih detail, bisa ditunggu besok pada saat besok konferensi pers di KPK dan BPK akan mendampingi," kata Hendar.

Dua auditor yang diamankan KPK adalah Auditor Utama Keuangan Negara III Rochmadi Saptogiri dan Plt Kepala Auditorat di Auditorat Keuangan Negara III Ali Sadli KPK juga menyegel dua ruangan di BPK turut disegel. Adapun di Kemendes, ruang Biro Keuangan juga disegel.  Total ada 7 orang yang dibawa ke KPK dari dua lokasi tersebut.

KPK punya waktu 1 x 24 jam untuk memutuskan status 7 orang yang dibawa tersebut apakah ditetapkan sebagai tersangka atau hanya menjadi saksi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : ANTARA
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper