Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cegah Fluktuasi Harga, Pemprov Jateng Gelar Gerakan Stabilisasi Pangan

Wakil Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko didampingi Kepala Bulog Divisi Regional Jawa Tengah Djoni Nur Ashari meresmikan Gerakan Stabilisasi Pangan
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, SEMARANG — Wakil Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko didampingi Kepala Bulog Divisi Regional Jawa Tengah Djoni Nur Ashari meresmikan Gerakan Stabilisasi Pangan.

Hal itu secara simbolis ditandai dengan pelepasan 22 truk boks yang siap mendistribusikan pasokan kebutuhan pokok masyarakat (kepokmas) keenam eks karesidenan Jawa Tengah, yaitu eks karesidenan Semarang, Pati, Surakarta Banyumas, Kedu, dan Pekalongan.

“Hari ini Bulog meluncurkan Gerakan Stabilisasi Pangan (GSP), yaitu kegiatan menjual komoditi strategis pangan seperti beras, gula pasir, bawang merah, bawang putih, minyak goreng, dan daging beku dengan harga murah, tidak melebihi HET Kemendag, dan akan dijual secara langsung di titik-titik keramaian,” ujar Heru, seperti dikutip dari laman resmi Pemprov Jateng, Selasa (23/5/2017).

Sementara itu Djoni mengatakan sasaran distribusi adalah pasar, pemukiman, dan ada kerjasama dengan Rumah Pangan Kita. Harga pun sudah ditentukan oleh pemerintah sesuai dengan HET.

Djoni mencontohkan, harga jual beras sesuai dengan kualitasnya. Ada beras yang dijual seharga Rp8.300/kg sampai dengan Rp10.000/kg, daging beku Rp78.000/kg, gula pasir Rp12.500/kg. Sementara itu, gula pasir grosir sekarung dengan ukuran 50 kg cukup Rp11.300/kg per kilo.

“Bawang merah kering kualitas bagus Rp25.000/kg. Bawang putih maksimal kita jual Rp 38.000/kg,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper