Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TRUMP KUNJUNGI SAUDI: Aramco Sepakati Kontrak Senilai US$50 Miliar dengan Perusahaan AS

Saudi Aramco diperkirakan menandatangani kesepakatan dengan korporasi Amerika Serikat (AS) senilai US$50 miliar pada hari ini. Hal itu disebut dilakukan untuk diversifikasi ekonomi Arab Saudi di luar ekspor minyak.
Saudi Aramco/Reuters
Saudi Aramco/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Saudi Aramco diperkirakan menandatangani kesepakatan dengan korporasi Amerika Serikat (AS) senilai US$50 miliar pada hari ini, Sabtu (20/5). Hal itu disebut dilakukan untuk diversifikasi ekonomi Arab Saudi di luar ekspor minyak.

Direktur Utama Saudi Aramco Amin Naseer mengatakan, dari 16 kesepakatan yang dilakukan dengan pihak AS, 11 diantaranya kerja sama dengan korporasi asal Negeri Paman Sam, termasuk memorandum pemahaman untuk membuat perusahaan patungan.

“Kami mengharapkan kesepakatan yang ditandatangani hari ini bisa memberikan dorongan untuk perdagangan bilateral antara Arab Saudi dengan AS,” ujanya seperti dilansir Reuters pada Sabtu (20/5).

Adapun, sejauh ini Aramco rutin mengeluarkan US$6,5 miliar per tahun untuk memenuhi kebutuhan barang dan jasa dari pemasok asal AS.

Lalu, salah satu kesepakatan yang disebutkan dalam kunjungan Donald Trump ke Arab Saudi antara lain, rencana membentuk perusahaan patungan antara Aramco dengan Jacobs Engineering Groups Inc untuk mengelola proyek bisnis Arab Saudi.

Selain itu, ada juga rencana Mc Demott International untuk memindahkan beberapa fasilitas pembuatan kapal dari Dibao ke kompleks pembuatan kapal baru yang akan dibangun Aramco di Arab Saudi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Surya Rianto
Editor : Fajar Sidik
Sumber : reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper