Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KM Mutiara Sentosa Terbakar, 187 Penumpang Berhasil Dievakuasi

Sebanyak 187 penumpang kapal KM Mutiara Sentosa 1 dengan rute pelayaran Surabaya-Balikpapan berhasil dievakuasi, setelah kapal tersebut terbakar di perairan Masalembu, Jawa Timur pada 19 Mei 2017 pukul 16.00 WIB.

Bisnis.com, JAKARTA - Sebanyak 187 penumpang kapal KM Mutiara Sentosa 1 dengan rute pelayaran Surabaya-Balikpapan berhasil dievakuasi, setelah kapal tersebut terbakar di perairan Masalembu, Jawa Timur pada 19 Mei 2017 pukul 16.00 WIB.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan A. Tonny Budiono mengatakan sebanyak 187 penumpang yang dievakuasi dalam kondisi selamat, dan tidak ada korban jiwa.

"Bagi para penumpang terluka yang telah dievakuasi dirujuk ke Puskesmas Masalembu dan yang tidak mengalami luka ditempatkan di terminal penumpang Masalembu," ujarnya di Jakarta, Sabtu (20/05).

Dalam proses evakuasi penumpang kapal KM. Mutiara Sentosa I, pemerintah mengerahkan kapal Patroli PLP, UPP Masalembo, kapal Basarnas dari Surabaya dan Lantamal V. Selain itu, kapal MV Meratus Makassar yang berada sekitar 8 mil dari lokasi kejadian juga membantu evakuasi penumpang.

Tonny mengungkapkan kapal KMP. Dharma Kartika 9, kapal Tug Boat Asmarina 9 dan kapal Tongkang Asmarina 12, serta delapan kapal nelayan juga turut membantu evakuasi para penumpang KM. Mutiara Sentosa 1.

"Saat itu tinggi gelombang sekitar 1 - 1.5 meter, sehingga memerlukan waktu untuk mengevakuasi para penumpang kapal," tuturnya.

Lebih lanjut, Tonny menyebutkan bahwa proses evakuasi penumpang hanya dapat dilakukan melalui bagian belakang kapal karena bagian depan kapal yang mengalami kebakaran.

Dia menambahkan bahwa kebakaran terjadi di car deck, dan sprinkler air berfungsi baik, namun tidak mampu memadamkan api, sehingga api semakin membesar dan memaksa Nakhoda meminta para penumpang untuk meninggalkan kapal.

Saat ini kapal KM. Mutiara Sentosa 1 telah dikandaskan pada lokasi dangkal pada Jumat (19/05) pukul 23.00 WIB. Kapal juga telah ditinggalkan oleh para kru kapal.

Sebelumnya seperti yang telah dilaporkan, kapal milik PT. Atosim Lampung Pelayaran Surabaya terbakar pada posisi 05.33.845 S dan 114.31.271E sekitar 3 mil Timur Laut Pulau Masalembu.

Kapal KM. Mutiara Sentosa 1 dengan berat GT. 12.365 memiliki panjang 134 meter dan lebar 21 meter merupakan jenis kapal penumpang berbendera Indonesia dengan IMO number 8718471 yang dinakhodai oleh Eddy Sarwoto.

Kapal berangkat dari Surabaya pada Kamis (18/5) pukul 23.41 WIB dengan tujuan Balikpapan dengan Anak Buah Kapal berjumlah 37 orang dan 80 unit kendaraan yang terdiri dari sepeda motor sebanyak 2 unit, mobil kecil 21 unit, truk sedang 10 unit dan truk besar 47 unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fajar Sidik
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper