Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LAPORAN DARI HANOI, APEC 2017: Presiden Vietnam, Percepat Realisasi Bogor Goals

Presiden Vietnam Tran Dai Quang menyerukan kepada seluruh negara anggota Asia Pacific Economic Cooperation (APEC) untuk mempercepat realisasi perdagangan bebas dan terbuka yang juga dikenal dengan nama "Bogor Goals". Negara anggota telah menyepakati perdagangan bebas itu akan tercapai pada 2020.
Presiden Vietnam Tran Dai Quang/REUTERS
Presiden Vietnam Tran Dai Quang/REUTERS

Bisnis.com, HANOI - Presiden Vietnam Tran Dai Quang menyerukan kepada seluruh negara anggota Asia Pacific Economic Cooperation (APEC) untuk mempercepat realisasi perdagangan bebas dan terbuka yang juga dikenal dengan nama "Bogor Goals". Negara anggota telah menyepakati perdagangan bebas itu akan tercapai pada 2020.

Dalam sebuah dialog yang dilakukan oleh berbagai pihak, dia mengatakan bahwa globalisasi merupakan trend yang tidak terelakkan dan harus disikapi oleh semua negara. "Kita dapat mengambil bagian dengan sikap inklusif dan berkelanjutan," katanya.

Menurutnya, saat ini merupakan momentum yang tepat bagi APEC untuk membuktikan komitmen terhadap pasar terbuka dengan memperdalam integrasi ekonomi regional dan mendukung proses globalisasi baru yang lebih maju. Dia menambahkan, pertumbuhan ekonomi akan terus menanjak jika negara-negara bersikap inklusif.

"Tiga dekade terakhir ini membuktikan respons dan ketahanan APEC. Selama dua atau tiga dekade ke depan, APEC perlu mengasumsikan peran kepemimpinan global dan bermain pada kekuatannya sebagai forum kerjasama sukarela dan fleksibel," jelasnya.

Pada akhir pekan ini, seluruh Menteri Perdagangan APEC akan bertemu di Hanoi, Vietnam untuk membahas perkembangan kerjasama ekonomi.

Di tengah berkembangnya kecenderungan proteksionisme di beberapa negara maju, negara-negara APEC akan mendiskusikan strategi menjaga stabilitas pertumbuhan ekonomi, kelancaran perdagangan, serta investasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Tegar Arief

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper