Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TNI Harus Antisipasi Perubahan Dunia

Presiden Joko Widodo bangga melihat soliditas yang ditunjukkan para prajurit TNI dalam Latihan Pasukan Pemukul Reaksi Cepat (PPRC) Tanjung Datuk, Kepulauan Natuna, Kepulauan Riau, pada Jumat (19/5/2017).
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo bangga melihat soliditas yang ditunjukkan para prajurit TNI dalam Latihan Pasukan Pemukul Reaksi Cepat (PPRC) Tanjung Datuk, Kepulauan Natuna, Kepulauan Riau, pada Jumat (19/5/2017).

Hal tersebut disampaikannya di hadapan sekitar 1.500 prajurit TNI setelah menunaikan salat Jumat dan santap siang bersama di Aula Kartika, Tanjung Datuk, Kepulauan Natuna, Provinsi Kepulauan Riau.

"Di darat kita lihat, di laut bisa kita lihat, di udara juga bisa kita lihat betapa sangat terintegrasinya, terpadunya kerja sama di antara darat, laut, dan udara sehingga bisa memenangkan pertarungan di akhir," kata Presiden, dikutip dari siaran pers, Jumat (19/5/2017).

Namun, Presiden berpesan kepada seluruh prajurit TNI untuk tidak berpuas diri. Sebab, masih banyak hal yang dinilai perlu diperbaiki dan dibenahi. "Terutama di bidang alutsista kita mau tidak mau harus diikuti karena teknologi yang perubahannya begitu cepat. Itulah yang harus kita ikuti," tutur Presiden Joko Widodo.

Presiden menceritakan bagaimana teknologi berkembang begitu cepatnya. Menurutnya, saat sebagian orang masih mempelajari teknologi Internet, sudah muncul di belahan dunia lain mobile Internet. Tak berhenti sampai di situ, muncul lagi lompatan teknologi lain yang sedemikian cepat.

"Mobile Internet kita baru melihat dan kita pelajari, sudah muncul lagi yang berikutnya, artificial intelligence, mesin cerdas yang ini juga harus kita ikuti," kata Presiden Joko Widodo.

Perubahan-perubahan teknologi seperti itulah yang selalu harus diantisipasi. Dirinya tentu tidak menginginkan TNI tertinggal dalam hal penguasaan teknologi dengan negara lainnya.

"Jangan sampai kita ditinggal oleh negara yang lain karena penguaasan teknologi kita yang terlambat," kata Presiden.

Oleh karenanya, Kepala Negara percaya bahwa saat ini bukan lagi yang kuat mengalahkan yang lemah. Bukan pula negara besar mengalahkan negara yang kecil.

"Ke depan coba kita lihat, nantinya yang cepat akan mengalahkan yang lambat. Siapa yang cepat dalam hal apa pun akan dapat mengalahkan yang lambat. Negara yang cepat akan mengalahkan negara yang lambat."

Hal tersebut juga berlaku di lingkungan TNI. Sekali lagi Presiden Joko Widodo menekankan bahwa TNI harus mampu melihat dan beradaptasi terhadap segala perkembangan zaman. "Di lingkup TNI, Tentara Nasional Indonesia, kita juga harus melihat, memahami, mempelajari [perubahan] itu, setiap saat, baik detik, menit, hari maupun minggu," ucapnya.

Turut hadir mendampingi Presiden yakni Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Juga Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Hadi Tjahjanto, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Ade Supandi, dan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Mulyono.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper