Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

9.359 Ha Lahan Pesisir di Sulsel Bakal Direhabilitasi

Pemerintah Sulawesi Selatan berupaya melakukan rehabilitasi 9.359 hektare lahan pesisir maupun pulau-pulau kecil di provinsi tersebut.
Ilustrasi./Bisnis
Ilustrasi./Bisnis

Bisnis.com, MAKASSAR - Pemerintah Sulawesi Selatan berupaya melakukan rehabilitasi 9.359 hektare lahan pesisir maupun pulau-pulau kecil di provinsi tersebut.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sulsel Sulkaf Latief mengatakan seluruh lahan tersebut telah berada dalam klasifikasi kritis sehingga membutuhkan upaya lebih ekstra untuk mengembalikan fungsi optimalnya bagi ekosistem maupun kehidupan masyarakat pesisir.

"Kami tentunya akan melibatkan aktif masyarakat agar peran mereka dalam pelestarian lahan pesisir bisa lebih besar. Sosialisasi juga akan diintensifkan di samping langkah fisik untuk rehabilitasi pesisir," ucapnya, Kamis (18/5/2017).

Menurutnya, kerusakan pada lahan pesisir itu selain dipicu oleh faktor alam juga kerap disebabkan oleh praktek budidaya perikanan yang tidak berkelanjutan, polusi lingkungan pesisir, reklamasi hingga eksploitasi sumber daya kelautan dan pesisir.

Untuk skala lebih luas, lanjut Sulkaf, langkah rehabilitasi juga bakal melibatkan berbagai pihak diantaranya pelaku usaha dengan cakupan operasional termasuk wilayah pesisir, kemudian instansi terkait serta elemen lainnya yang peduli terhadap ekosistem pesisir.

Di sisi lain, rehabilitasi lahan kritis di wilayah pesisir tersebut merupakan pula rangkaian langkah DKP Sulsel untuk mengoptimalkan potensi kelautan dan perikanan berbasis pesisir.

Sebagai gambaran, jumlah nelayan yang tersebar pada wilayah pesisir maupun kepulauan dalam wialah administrasi Provinsi Sulsel mencapai 130.030 nelayan yang memiliki kontribusi besar terhadap perekonomian daerah ini.

"Rehabilitasi tentunya akan lebih mendorong optimalisasi SDA kelautan kita, nelayan bisa lebih maksimal dalam beraktivitas. Namun ini memang perlu waktu dan sinergi yang lebih intensif," paparnya.

Khusus untuk nelayan sendiri, juga telah didorong untuk mendapatkan KTA nelayan sehingga lebih mudah dalam mendapatkan akses permodalan maupun asuransi nelayan yang dicanangkan pemerintah pusat.

Sejauh ini, telah terdapat 70.155 nelayan Sulsel yang teregister dan mengantongi KTA dan diproyeksikan akan terus meningkat dari sisi jumlah hingga menjangkau seluruh nelayan yang ada di daerah ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Amri Nur Rahmat

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper