Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemprov Jateng Fasilitasi Angkutan Gratis Bagi Pemudik Lebaran

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah bekerja sama dengan berbagai pihak kembali memfasilitasi mudik gratis Lebaran bagi warga Jawa Tengah yang tinggal di wilayah Jabodetabek. Sedikitnya 177 bus dengan kapasitas 9.123 penumpang disiapkan
Ilustrasi mudik gratis/Antara
Ilustrasi mudik gratis/Antara

Bisnis.com, SEMARANG—Pemerintah Provinsi Jawa Tengah bekerja sama dengan berbagai pihak kembali memfasilitasi mudik gratis Lebaran bagi warga Jawa Tengah yang tinggal di wilayah Jabodetabek. Sedikitnya 177 bus dengan kapasitas 9.123 penumpang disiapkan.

Kepala Badan Penghubung Provinsi Jawa Tengah Koesdarminto menyampaikan mudik gratis diselenggarakan sebagai bentuk kepedulian untuk membantu warga Jawa Tengah yang bekerja pada sektor informal di wilayah Jabodetabek, dan masyarakat yang kurang mampu agar meringankan beban biaya pemudik Lebaran.

’’Jadi, penghasilan yang diperoleh, dapat dibawa pulang ke kampung halaman dengan utuh. Di sisi lain, juga meningkatkan tali silaturahim masyarakat Jawa Tengah di Jakarta dan sekitarnya,” ujarnya, seperti dikutip dari laman resmi Pemprov Jateng, Rabu (17/5/2017).

Bus yang digunakan berasal dari bantuan Gubernur Jawa Tengah sebanyak 39 bus dengan kapasitas 2.106 penumpang, bantuan bupati dan wali kota se-Jateng 83 bus dengan otal kapasitas 4.267 penumpang.

Ada pula bantuan Bank Jateng 55 bus dengan kapasitas total 2.750 penumpang. Adapun tujuannya ke 35 kabupaten dan kota di Jateng.

’’Mereka akan diberangkatkan dari Area Parkir Museum Purna Bhakti Pertiwi TMII Jakarta Timur pada 20 Juni mendatang. Rencananya Bapak Gubernur yang akan melepas,’’ terangnya.

Selain bus, juga disediakan fasilitas mudik gratis dengan menggunakan kereta api, yang rencananya diberangkatkan pada 22 Juni mendatang. Kereta api yang digunakan adalah KA Gajah Wong dari Stasiun Pasar Senen pukul 06.45, jurusan Pasar Senen-Purwokerto-Kroya-Gombong-Kebumen-Kutoarjo dengan kapasitas 720 penumpang.

Ada pula KA Menoreh dengan kapasitas 640 penumpang berangkat dari Stasiun Pasar Senen pukul 20.30, dengan rute Brebes-Tegal-Pemalang-Pekalongan-Weleri-Semarang Tawang, serta KA Jaka Tingkir berkapasitas 608 penumpang berangkat dari Stasiun Pasar Senen pukul 12.00 menuju Purwokerto-Tambak-Gombong-Kebumen-Kutoarjo-Purwosari Solo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper