Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SIDANG KORUPSI E-KTP: Direktur Sandipala Ungkap Pertemuan Dengan Setya Novanto

Nama Ketua DPR Setya Novanto kembali disebut dalam persidangan kasus dugaan korupsi proyek pengadaan KTP-Elektronik.
Setya Novanto/Antara
Setya Novanto/Antara

 

Kabar24.com, JAKARTA - Nama Ketua DPR Setya Novanto kembali disebut dalam persidangan kasus dugaan korupsi proyek pengadaan KTP-Elektronik.

Direktur Utama PT Sandipala Artha Putra Paulus Tannos mengungkapkan soal pertemuannya dengan Ketua DPR Setya Novanto terkait proyek pengadaan KTP-Elektronik.

"Untuk proyek e-KTP ini saya bertemu dengan Bapak Setya Novanto," kata Paulus dalam teleconference di pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Kamis (18/5/2017).

Paulus memberikan keterangan dari Singapura untuk dua orang terdakwa yaitu mantan Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Irman dan mantan Direktur Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) pada Dukcapil Kemendagri Sugiharto.

"Pada saat itu beliau mungkin saya rasa ketua fraksi Golkar di DPR," tambah Paulus.

Pertemuan itu menurut Paulus terjadi pada Oktober-November 2011.

"Saya diminta saudara Andi Agustinus untuk bersama-sama bertemu dengan saudara Bapak Setya Novanto. Saya berpikir Andi ini ingin menyombongkan diri bahwa dia kenal Setya Novanto. Saya diberikan alamat agar bertemu langsung dengan Bapak Setya Novanto," ujar Paulus.

Ia pun datang ke rumah Setnov di Jalan Wijaya 13.

"Saya datang lebih dulu karena Andi Agustinus terjebak macet, jadi Andi mengatakaan silakan masuk dulu sebab sudah waktunya ketemu Bapak Setya Novanto. Setelah saya masuk melewati satpam, di dalam sudah banyak orang di sana. Akhirnya saya bertemu Pak Setya Novanto, itu pertama kali saya bertemu Setya Novanto dan saya memperkenalkan diri saya," ungkap Paulus.

Ia saat itu mengaku sebagai Dirut PT Sandipala sambil memberikan kartu nama dan mengaku sebagai salah satu pelaksana proyek KTP-E.

"Tiba-tiba ada telepon ke Pak Setya Novanto, jadi beliau menyendiri dan saya menunggu di ruangan. Beberapa menit kemudian staf Pak Setnov memberi tahu saya bahwa beliau ada janji keluar dan sebaiknya dibuat janji lagi di kantornya," tambah Paulus.

Ia pun menghubungi Andi Agustinus alias Andi Narogong bahwa pertemua saat itu akan dijadwalkan ulang di kantor Setnov. Beberapa hari kemudian, Paulus dan Andi pun mendatangani kantor Setnov di bilangan Sudirman Central Business District (SCBD).

"Kami ke kantornya, saya tidak ingat lantai berapa tapi Andi kembali ke mobil untuk mengambil dokumen lalu saya masuk ke lift tapi papasan dengan Pak Setnov, lalu dia tanya mau apa dan saya katakan mau melanjutkan pembicaraan yang di rumah, sedangkan Andi masih mengambil dokumen, jadi saya ketemu Setnov 2 kali itu," jelas Paulus.

"Dari sudut pandang Anda apa kepentingannya?" tanya hakim Jhon.

"Menurut saya Andi mau tunjukkan ke saya bahwa Andi ini orang dekat dengan Setnov, mungkin tujuan dari Andi adalah dengan pergi dengan saya, itu hanya pikiran saya," jawab Paulus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper