Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dana Desa Kurangi Ketimpangan Antarwilayah

Selain mengurangi ketimpangan ekonomi antardesa, program dana desa juga akan dapat menurunkan tingkat pengangguran karena penggunaan dana itu disertai dengan program padat karya.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Kabar24.com, JAKARTA — Selain mengurangi ketimpangan ekonomi antardesa, program dana desa juga akan dapat menurunkan tingkat pengangguran karena penggunaan dana itu disertai dengan program padat karya.

Demikian dikemukakan oleh anggota Komisi II DPR Komarudin Watubun kepada wartawan mengakhiri masa resesnya di Provinsi Papua, Rabu (17/5/2017).

Sebelumnya legislator PDI Perjuangan tersebut melakukan sosialisasi Dana Desa kepada para kepala kampung di kabupaten Puncak Papua bersama sejumlah anggota DPR lainnya.

Menurutnya, program yang disusun melalui Badan Musyawarah Kampung (BMK) secara otomatis tidak saja akan mengurangi angka pengangguran di tingkat kampung atau desa, akan tetapi juga akan menciptakan perputaran uang di tingkat kampung.

“Dengan di kucurkanya Dana Desa, setelah undang-undang Desa hadir bersamaan dengan kebijakan Presiden Jokowi, maka ketimpangan pertumbuhan ekonomi antara kota dengan desa dan antardesa sendiri akan terkikis,” ujarnya.

Selain itu, Komarudin yang akrab disapa Bung Komar (BK) itu juga mengingatkan agar para kepala desa berhati hati dalam penggunaan dana karena di sejumlah daerah ada di antara mereka yang terjerat kasus korupsi. Menurutnya, munculnya kasus korupsi itu adalah akibat kesalahan dalam mengemlola Dana Desa.

Dalam  sosialisasi itu BK juga membagikan buku petunjuk perencanaan, penggunaan maupun pertanggung jawabanya tentang Dana Desa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper