Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tarik Peserta Menengah ke Atas, BPJS Kesehatan Layani Jalur Pendaftaran Baru

Perluasan kanal pendaftaran BPJS Kesehatan melalui care centre 1500-400 dinilai sebagai bentuk layanan untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses program dari BPJS Kesehatan.
Masyarakat tengah antre daftar ke BPJS Kesehatan/setkab.go.id
Masyarakat tengah antre daftar ke BPJS Kesehatan/setkab.go.id

Kabar24.com, MATARAM -- Perluasan kanal pendaftaran BPJS Kesehatan melalui care centre 1500-400 dinilai sebagai bentuk layanan untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses program dari BPJS Kesehatan.

Pasalnya, berdasarkan data yang dikeluarkan oleh BPJS Kesehatan Mataram, sebanyak 57,30% pengaduan pelanggan pada 2016 masuk melalui kanal care centre. Bahkan 78,91% pemberian informasi yang diberikan kepada masyarakat dilakukan melalui kanal tersebut.

Kepala Unit Hukum, Komunikasi Publik, dan Kepatuhan BPJS Kesehatan Mataram Lalu Suryatna mengatakan dengan demikian, untuk kantor layanan BPJS Kesehatan Mataram masih didominasi oleh calon peserta yang datang langsung ke kantor.

"Untuk yang di sini, kami masih membuka layanan pendaftaran di kantor, tetapi ke depannya akan kami arahkan untuk melalui telepon. Untuk itu akan kami segera sosialisasikan kepada masyarakat melalui kanal baru ini," ujar Suryatna di kantornya, Mataram, Senin (15/5/2017).

Suryatna menyebut saat ini tingkat kepesertaan BPJS Kesehatan di wilayah kantor Mataram tergolong baik. Kota Mataram tingkat kepesertaan masyarakat sudah 79%, Kabupaten Lombok Utara sebesar 80%, hanya Kabupaten Lombok Barat yang masih tergolong rendah sekitar 60%.

Pihaknya optimis, untuk wilayah NTB khususnya kantor cabang Mataram bisa melakukan universal coverage seperti yang ditargetkan pemerintah pusat hingga akhir 2018, mengingat tingkat kepesertaan saat ini rata-rata sudah di atas 75%.

Bahkan, untuk menjangkau peserta mandiri yang berasal dari kategori menengah ke atas, pihak BPJS Kesehatan akan melakukan pendaftaran di pusat-pusat perbelanjaan utama di Mataram.

"Kita akan buka di tiga mall yang ada di Mataram, saat ini sedang dalam tahap negosiasi dengan pengelola mall dan diharapkan bisa menjangkau peserta mandiri dari kalangan menengah ke atas," ujar Suryatna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper