Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Universitas Ini Mau Bikin Pusat Penelitian Ninja Pertama di Dunia

Sebuah universitas di Jepang berencana membangun pusat penelitian mengenai ninja yang diklaim sebagai yang pertama di dunia.
Petunjuk arah ke stasiun menuju museum ninja di Iga, Jepang./Antara
Petunjuk arah ke stasiun menuju museum ninja di Iga, Jepang./Antara

Kabar24.com, JAKARTA - Sebuah universitas di Jepang berencana membangun pusat penelitian mengenai ninja yang diklaim sebagai yang pertama di dunia.

Meski kebanyakan hanya bisa diketahui lewat buku-buku sejarah dan fiksi, pamor ninja bangkit lagi setelah otoritas Jepang menggunakan ninja untuk mempromosikan pariwisata menjelang Olimpiade 2020 di Tokyo.

Kini, Universitas Mie di Jepang tengah, wilayah yang dianggap sebagai kampung halaman ninja, mengumumkan akan membangun fasilitas riset ninja mulai Juli mendatang.

Mereka berencana mengumpulkan data induk ninja dan mendorong kerja sama ilmuwan dari berbagai disiplin ilmu yang mempelajari ninja, kata Yuji Yamada, profesor sejarah Jepang di universitas itu.

"Kami akan melakukan penelitian mengenai dokumen-dokumen kuno dan berkolaborasi dengan para peneliti sains agar bisa menerapkan kearifan ninja dalam kehidupan modern," kata Yamada, yang merencanakan pembangunan pusat studi itu, kepada kantor berita AFP pada Kamis (11/5/2017).

"Misalnya, ninja membakar dupa Jepang sebelum keluar rumah untuk menghindari hal-hal buruk. Kami berasumsi dupa bisa meningkatkan konsentrasi sehingga ninja bisa terhindar dari cedera," katanya.

Dia menambahkan, riset mengenai wewangian itu bisa bermanfaat untuk dunia masa kini.

Fasilitas itu akan dibangun di Iga, sebuah kota di 350 kilometer barat daya Tokyo yang dikelilingi gunung yang dulunya merupakan tempat bernaung banyak ninja.

Yamada juga mengatakan pusat studi itu akan menerbitkan hasil riset dalam bahasa Inggris dan Jepang agar bisa lebih mudah diakses ilmuwan dan para penggemar dari luar negeri.

Di tengah melejitnya popularitas ninja, Prefektur Aichi tahun lalu mulai mempekerjakan ninja, termasuk orang asing, untuk mempromosikan pariwisata di area yang dikenal dengan kastil bersejarah Nagoya.

Pada 2015, para gubernur dan wali kota dari prefektur di seluruh Jepang mengganti pakaian mereka dengan kostum ninja untuk mengumumkan peluncuran "dewan ninja".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper