Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rambah Myanmar, Ini Siasat Uber untuk Bersaing

Uber semakin serius memasuki pasar Asia Tenggara dengan melakukan ekspansi ke Myanmar.
Uber Taxi/Reuters-Kai Pfaffenbach
Uber Taxi/Reuters-Kai Pfaffenbach

Kabar24.com, JAKARTA - Uber makin serius memasuki pasar Asia Tenggara, dengan ekspansi ke Myanmar. General Manager Ekspansi Uber untuk Asia Tenggara Sam Bool mengatakan kemitraan dengan supir taksi lokal dan serikat pekerja di Myanmar termasuk unik.

Bool mengatakan di Myanmar layanan dimulai pada Kamis (11/5/2017) di pasar kecil, namun berpotensi menguntungkan di mana pesaingnya Grab Taxi Asia Tenggara dan penyedia layanan lokal sudah lebih dulu hadir.

"Dengan dukungan pemerintah sejak hari pertama ini cukup kuat. Pengemudi tahu kita sepenuhnya mematuhi peraturan yang ada," kata Bool.

Uber, di banyak bagian dunia menandai seseorang dengan mobil sebagai sopir, tampaknya mengikuti model operasi Grab di Myanmar, negara berpenduduk lebih dari 50 juta orang yang muncul dari pemerintahan militer selama beberapa dekade.

Selama peluncurannya di Maret, Grab mengatakan bahwa pihaknya bekerja dengan sekelompok kecil supir taksi di Yangon dan akan meningkatkan skala secara bertahap.

Uber telah lama memiliki reputasi sebagai startup yang agresif dan tidak menyesal. Perusahaan yang berbasis di San Francisco ini berkonflik dengan industri taksi di seluruh dunia, dan layanannya telah dihentikan di beberapa negara mengenai masalah peraturan.

Sementara Indonesia adalah pasar layanan berkendara terbesar di Asia Tenggara, pertumbuhan pasar layanan mobile Myanmar dinilai juga terlalu baik untuk diabaikan. Penetrasi internet telah meledak hingga hampir 90 persen sekarang, semakin banyak orang beralih ke aplikasi dan layanan mobile.

Persaingan juga kuat, selain Grab, setidaknya ada dua start up up ride - Hello Cabs and Oway Ride.

Banyak orang di Myanmar masih belum memiliki kartu kredit, sehingga untuk mengatasinya, Bool mengatakan bahwa pengemudi Uber akan menerima uang tunai atau transfer bank lokal. Di banyak pasar lainnya, pengguna Uber membayar melalui kartu kredit yang terhubung ke aplikasi.

Bool menolak untuk mengatakan berapa banyak investasi Uber atau apa yang diharapkan dilakukan di Myanmar, namun dia mengatakan perusahaan itu dapat membantu pemerintah meningkatkan kualitas 70.000 taksi di Yangon, yang banyak di antaranya tidak dilengkapi dengan sabuk pengaman atau tidak ber-AC.

"Kita bisa memindahkan jutaan orang di Yangon tanpa menambahkan satu mobil pun," tambahnya.

Ekspansi Uber ke Myanmar bertepatan dengan dorongan oleh pihak berwenang untuk memperbaiki transportasi umum, dimulai dengan jaringan bus di Yangon.

"Uber bekerja sama dengan pemerintah Yangon untuk mengintegrasikan layanannya ke jaringan bus," kata Bool, dengan rencana untuk memberikan layanan kepada penumpang di daerah di mana angkutan umum tidak berkembang dengan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Agne Yasa

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper