Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Setelah Prancis, Pasar Tunggu Hasil Pemilu di Korsel Hingga Jerman. Ini Ulasannya

Pemilihan presiden Prancis telah berakhir, namun demikian risiko politik belum sepenuhnya hilang. Seperti dilansir Bloomberg (Senin, 8/5/2017), berikut ulasan atas sejumlah agenda pemilihan umum yang akan digelar tahun ini:
Emmanuel Macron bersama Francois Hollande/Reuters
Emmanuel Macron bersama Francois Hollande/Reuters

Kabar24.com, JAKARTA - Pemilihan presiden Prancis telah berakhir, namun demikian risiko politik belum sepenuhnya hilang. Seperti dilansir Bloomberg (Senin, 8/5/2017), berikut ulasan atas sejumlah agenda pemilihan umum yang akan digelar tahun ini:

9 Mei

Pemilihan Presiden Korea Selatan
Siapa yang bersaing?
Mantan pemimpin oposisi Moon Jae-in akan berhadapan dengan taipan software Ahn Cheol-soo sebagai kandidat terkuat dalam persaingan memperebutkan kursi kepresidenan untuk menggantikan Presiden Park Geun-hye yang terguling akibat skandal korupsi. Kandidat kuat lainnya adalah Hong Joon-pyo dari golongan konservatif dari partai Liberti Korea.

Bagaimana hasil jajak pendapat?
Kandidat yang paling menonjol adalah Moon Jae-in dan Ahn Cheol-soo.

14 Mei

Pemilu Regional Jerman di North-Rhine Westphalia
Siapa yang bersaing?
Koalisi yang dipimpin oleh partai Sosial Demokrat (SPD) yang berkuasa akan berhadapan dengan partai Kristen Demokrat (CDU) pimpinan Kanselir Angela Merkel. SPD berkoalisi dengan partai Hijau (Green Party). Partai Demokrat Bebas, sekutu CDU yang tradisional, juga merupakan kekuatan yang harus diperhitungkan.

Bagaimana hasil jajak pendapat?
Secara tradisional, wilayah tersebut merupakan basis pertahanan SPD namun sejumlah jajak pendapat menunjukkan CDU dapat menutup gap yang ada. Dengan buruknya hasil polling atas partai Hijau serta partai Demokrat Bebas yang mencapai sekitar 12%, partai yang dipimpin Merkel memiliki peluang untuk memasuki pemerintahan koalisi.

19 Mei

Pemilihan Presiden Iran
Siapa yang bersaing?
Presiden moderat yang sedang menjabat, Hassan Rouhani, berupaya untuk melanjutkan pemerintahannya untuk periode kedua. Walikota Teheran yang konservatif Mohammad Baqer Qalibaf dan ulama konservatif Ebrahim Raisi menjadi penantang terkuatnya. Pemimpin Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei, yang memiliki keputusan akhir tentang semua permasalahan negara, diperkirakan akan mendukung Raisi.

Bagaimana hasil jajak pendapat?
Tidak ada jajak pendapat yang benar-benar bisa diandalkan di Iran. Sebuah survei yang dipublikasikan pekan ini oleh Iranian Students Polling Agency yang berafiliasi dengan negara menunjukkan Rouhani unggul atas Raisi sebesar 53% berbanding 32% dalam head-to-head. Terhadap Qalibaf, Rouhani unggul 49% berbanding 38%.

8 Juni

Pemilihan Umum Inggris

Siapa yang bersaing?
Perdana Menteri Theresa May ingin memenangkan mayoritas suara untuk Partai Konservatif yang memerintah saat ini. Dia menghadapi berbagai partai yang ingin menggagalkannya. Upaya terbesar datang dari partai Buruh, diikuti oleh partai Nasional Skotlandia yang pro-kemerdekaan dan partai Demokrat Liberal.

Bagaimana hasil jajak pendapat?
Sejumlah survei, dan hasil pemilihan lokal pekan lalu, menunjukkan May dapat meraih mayoritas suara sebesar yang dinikmati Margaret Thatcher dan Tony Blair pada masa-masa kejayaan mereka. Jajak pendapat terbaru menunjukkan bahwa May memenangkan sekitar 47% suara, 19 poin lebih unggul atas partai Buruh.

11 Juni, 18 Juni

Pemilihan parlemen Prancis
Siapa yang bersaing?
Gerakan politik En Marche! oleh Presiden terpilih Prancis Emmanuel Macron, yang dibentuk tahun lalu dan saat ini tidak memiliki kursi di parlemen, akan bersaing untuk pertama kalinya. Kaum Sosialis dan Republik, akan berusaha untuk bangkit kembali setelah kegagalan mereka dalam pemilihan presiden, seperti halnya dengan partai Front Nasional yang dipimpin Marine Le Pen.

Bagaimana hasil jajak pendapat?
Menurut OpinionWay pada 3 Mei, kubu En Marche! dan Republik akan memenangkan blok terbesar, meski keduanya kekurangan mayoritas kursi. Sementara itu, kubu Sosialis dan Front Nasional akan meraih beberapa kursi.

24 September

Pemilihan Federal Jerman

Siapa yang bersaing?
Kanselir Angela Merkel, yang telah menjabat selama 12 tahun, berupaya untuk melanjutkan pemerintahannya untuk periode keempat. Penantang utamanya adalah Martin Schulz dari Sosial Demokrat, mantan presiden Parlemen Eropa. Partai lainnya yakni, partai Kiri, Hijau, Demokrat Bebas dan Alternatif untuk Jerman - juga siap untuk memenangkan kursi parlemen.

Bagaimana hasil jajak pendapat?
Blok Merkel dari Kristen Demokrat dan partai CSU yang berkuasa di Bavaria unggul atas Sosial Demokrat di semua jajak pendapat, meskipun kampanye Schulz belum mencapai performa penuh. Kemungkinan koalisi bisa mencakup aliansi SPD-Hijau-Kiri serta kombinasi CDU/CSU-FDP-Hijau. Jajak pendapat mengungkapkan sebagian besar dari pemilih lebih menyukai koalisi besar Merkel dengan SPD.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper