Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Awas Penipuan Bermodus Transfer, Cek Rekeningnya di Portal Ini

Maraknya penipuan dengan modus permintaan untuk mentransfer sejumlah uang ke rekening tertentu membuat pemerintah menyediakan portal pengecekan.
Ilustrasi-portal www.cekrekening.id/kemenkominfo
Ilustrasi-portal www.cekrekening.id/kemenkominfo

Bisnis.com, JAKARTA – Maraknya penipuan dengan modus permintaan untuk mentransfer sejumlah uang ke rekening tertentu membuat pemerintah menyediakan portal pengecekan.

Dalam keterangan resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika disebutkan modus pemberian rekening untuk mentransfer atau membayar uang biasa disebar melalui short messaging services (SMS) atau kanal komunikasi lain yang dikirimkan kepada masyarakat luas.

“Kementerian Komunikasi dan Informatika menyediakan portal www.cekrekening.id yang bertujuan untuk membantu masyarakat mendapatkan informasi rekening bank yang diduga terindikasi tindak pidana,” tulis pihak Kominfo seperti dikutip pada Senin (8/5/2017).

Portal www.cekrekening.id, bermanbermanfaat karena pertama, masyarakat dapat mengecek rekening ke portal tersebut apabila menerima SMS permintaan transfer atau pembayaran uang dari pihak lain yang tidak berkaitan dan tidak bertanggung jawab.

Dengan demikian, masyarakat mendapatkan penguatan informasi mengenai nomor rekening yang berindikasi tindakan penipuan.

Kedua, masyarakat bisa melaporkan nomor rekening, berikut modus penipuannya untuk dilakukan verifikasi. Pelaporan ini juga juga dapat dilakukan oleh aparat penegak hukum, bank serta pengelola situs e-commerce.

Saat Bisnis.com mencoba melakukan pengecekan nomor rekening di portal tersebut, ada informasi track record nomor rekening.

Selain masyarakat umum, pemerintah meminta agar para penyelenggara telekomunikasi juga mendorong kewaspadaan kepada pengguna layanannya akan penipuan melalui SMS.

Penyelenggara telekomunikasi agar melaporakan kepada Kominfo apabila ada indikasi operasional SMS oleh pihak yang tidak bertanggung jawab yang bertujuan merugikan masyarakat secara materiel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper