Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PUTUSAN SIDANG AHOK : Ini Doa Ahok Menjelang Vonis

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengatakan tidak memiliki persiapan khusus untuk menghadapi agenda pembacaan vonis dalam persidangan dugaan penodaan agama, besok.
Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)/Instagram Ahok Djarot
Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)/Instagram Ahok Djarot

Kabar24.com, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengatakan tidak memiliki persiapan khusus untuk menghadapi agenda pembacaan vonis dalam persidangan dugaan penodaan agama, besok.

Ahok mengatakan, hanya berdoa dan menyerahkan keputusan apapun kepada majelis hakim.

"Saya sebagai orang beriman ya berdoa saja. Saya minta Tuhan declare bahwa saya innocent. Saya tidak ada niat, tidak ada maksud (menodai agama) kok," ujar Ahok, Senin (8/5/2017).

Ahok berharap hakim bisa memutuskan vonis sesuai dengan nurani. Terlebih, kata Ahok, berdasarkan tuntutan jaksa, dirinya tidak terbukti menodai agama.

"Itu sudah jelas. Sekarang tinggal hakim," kata dia.

"Kami harap jangan ada penghakimana karena massa. Kalau karena mengadu massa ya runtuh. Fondasi hukum dan aturan itu enggak boleh runtuh."

Jaksa penuntut umum (JPU) menggunakan pasal 156 KUHP dengan tuntutan satu tahun penjara dengan masa percobaan dua tahun. Pasal itu berbunyi,

“Barang siapa di muka umum menyatakan pernyataan perasaan permusuhan, kebencian, atau penghinaan terhadap suatu atau beberapa golongan rakyat Indonesia diancam dengan pidana penjara paling lama 4 tahun atau pidana denda paling banyak Rp 4.500.”

Dua pekan lalu Ahok membacakan pleidoi terkait dengan dugaan penodaan agama atas pidatonya di Kepulauan Seribu dalam persidangan Pengadilan Negeri Jakarta Utara.

Dalam nota pembelaan yang berjudul "Tetap Melayani walaupun Difitnah" itu, Ahok meyakinkan majelis hakim bahwa ia tidak berniat menghina suatu golongan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper