Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Inilah Cara Kenali Kosmetik Ilegal.

Serbuan kosmetik ilegal semakin marak di Tanah Air. Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) dengan segala daya dan upaya mencoba untuk mengantisipasi hal tersebut.
Ilustrasi./Bisnis
Ilustrasi./Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA - Serbuan kosmetik ilegal semakin marak di Tanah Air. Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) dengan segala daya dan upaya mencoba untuk mengantisipasi hal tersebut.

Pada 2016 BBPOM telah berhasil menghadang serbuan kosmetik ilegal bernilai Rp15,8 miliar. Prestasi ini ternyata masih belum  100% bisa menghadang produk ilegal yang banyak ditemukan di lapangan. Edukasi yang baik kepada masyarakat diharapkan menumbuhkan kesadaran akan pentingnya mengonsumsi produk legal yang dijamin kualitasnya.

"Program 'Cek Klik' coba digagas oleh BBPOM untuk menghindari obat dan makanan ilegal. Cek Klik secara singkatnya terdiri dari, cek kemasan apakah dalam kondisi baik, baca informasi produk pada label, pastikan memiliki izin edar Badan POM, terakhir melihat tanggal kadaluwarsa," ujar Kepala Badan POM Penny K. Lukito.

Hampir sama dengan program Cek Klik, BBPOM secara khusus memberikan sosialisasi 5 langkah cara memilih kosmetik dengan diberi nama KPK3, terdiri atas Kemasan, Penandaan (label), Komposisi, Kegunaan, dan Kadaluwarsa.

Pertama kemasan, teliti segel serta kemasan. Jangan membeli kosmetik yang segel atau kemasannya telah rusak karena ada indikasi bahannya telah disadur. Produk yang baik memiliki bentuk dan warna merata, stabil, tidak memiliki bercak.

Kedua penandaan (label) harus tercantum jelas. Label harus terdiri dari nama produk, netto, kode produksi, nama produsen, komposisi, tanggal kadaluwarsa, izin Badan POM, kegunaan dan cara penggunaan. Beberapa kosmetik pemutih wajah ilegal dari China jarang sekali memiliki label yang lengkap.

Ketiga komposisi, kenali jenis kulit. Perhatikan komposisi yang terkandung dalam kosmetik. Hindari penggunaan bila kulit telah terkena alergi, iritasi, gatal yang diakibatkan oleh salah satu bahan dari komposisi kosmetik. Produk kosmetik ilegal biasanya menyebabkan beberapa gangguan kulit, terlebih beberapa produk mengandung bahan mercury yang tidak baik untuk wajah.

Keempat kegunaan, pilih kosmetik sesuai dengan kebutuhan. Baca kembali petunjuk penggunaan yang tercantum dalam label. Jangan melebihi dari anjuran pakai.

Kelima kadaluwarsa, cek batas kadaluwarsa, jangan sampai melebihi waktu yang telah ditetapkan. Hal ini penting karena berbagai produk hasil selundupan biasanya hanya memiliki batas kadaluwarsa yang singkat, bahkan beberapa tidak mencantumkan batas kadaluwarsa.

Dengan program Cek Klik dan KPK3 diharapkan konsumen bisa lebih jeli memilih berbagai kebutuhan kosmetiknya. Misi utamanya adalah menghindarkan konsumen dari berbagai dampak negatif yang bisa terjadi diakibatkan kosmetik ilegal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper