Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Meneg Investasi 1993-1998 Sanyoto Sastrowardoyo Meninggal

Menteri Negara Investasi/ Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Periode 1993-1998 pada Kabinet Pembangunan VII, Sanyoto Sastrowardoyo, meninggal dunia pada Rabu (26/4) pukul 23.50 WIB di Rumah Sakit Medistra, Jakarta.
Meneg Investasi/Kepala BKPM 1993-1998 Sanyoto Sastrowardoyo/Istimewa
Meneg Investasi/Kepala BKPM 1993-1998 Sanyoto Sastrowardoyo/Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -  Menteri Negara Investasi/ Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Periode 1993-1998 pada Kabinet Pembangunan VII, Sanyoto Sastrowardoyo, meninggal dunia pada Rabu (26/4) pukul 23.50 WIB di Rumah Sakit Medistra, Jakarta.

Kepala BKPM Thomas Trikasih Lembong menyampaikan belasungkawa dan menyampaikan keluarga besar Badan Koordinasi Penanaman Modal kehilangan salah seorang mantan pimpinannya.

"Atas nama seluruh keluarga besar BKPM, saya menyampaikan turut berduka cita dan kehilangan sedalam-dalamnya. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan," ujarnya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis.

Almarhum yang meninggal dunia pada usia 80 tahun itu akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata pada Kamis (27/4) siang.

Hasil gambar untuk Sanyoto Sastrowardoyo
Hasil gambar untuk Sanyoto Sastrowardoyo

Foto: Galeri Kemuning

Almarhum disemayamkan di rumah duka Jalan Patra Kuningan Blok K IV No. 6, Kuningan Timur, Jakarta Selatan.

Pria kelahiran Purwokerto, 31 Mei 1936 tersebut dikaruniai tiga orang anak. Dikenal dengan hobby fotografi, penikmat musik klasik dan jazz serta memiliki hobby olahraga tenis, golf dan berenang.

Lahir dari keluarga ningrat di Purwokerto, Jawa Tengah, putra Banyumas ini melewati masa pendidikan SMP and SMA di Yogyakarta.

Pendidikan tingginya ditempuh di Fakultas Teknik Universitas Indonesia Bandung (kini Institut Teknologi Bandung) sampai tingkat III.

Pada 1958, ia melanjutkan pendidikannya di bidang teknik elektro di University of Syracuse, New York, sampai lulus pada 1962 dengan gelar Master of Science.

Sanyoto memulai karir pemerintahan pada 1962 sebagai Kepala Seksi Pengujian dan Peneraan Produksi Teknik, Badan Pengujian Bahan-Bahan Departemen Perindustrian hingga menjadi Wakil Ketua Badan Koordinasi Penanaman Modal pada periode 12 Desember 1984-2 April 1988.

Ia kemudian dipromosikan menjadi Ketua Badan Koordinasi Penanaman Modal sejak 2 April 1988-1 April 1993.

Selanjutnya, status Badan Koordinasi Penanaman Modal ditingkatkan menjadi Menteri Penggerak Investasi/Kepala BKPM.

Presiden Soeharto melantik Sanyoto pada 17 Maret 1993 untuk menakhodai BKPM. Jabatan tersebut diembannya hingga Presiden Soeharto lengser pada 1998.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : ANTARAo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper